You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Museum Kebaharian Resmikan Pameran Art the Fact 2.0 di HUT ke-46
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Museum Kebaharian Adakan Pameran Art the Fact 2.0 di HUT ke-46

Bertepatan dengan hari jadi Museum Kebaharian ke-46, Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian menggelar pameran kontemporer Art the Fact 2.0 tahun 2023 dengan tema The Stories that Conecting Us di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara. Pameran berlangsung mulai 7 Juli hingga 7 Desember 2023.

P amerkan berbagai hasil dan bentuk dari kebudayaan Austronesia

Kepala UP Museum Kebaharian, Misari mengatakan, pameran Art the Fact merupakan pameran yang berupaya mengangkat penyebaran budaya Austronesia di berbagai negara dan hubungannya dengan Indonesia. Penyebaran dan kesamaan budaya Austronesia ini terbentuk melalui hubungan laut yang terjadi. 

"Selama pameran berlangsung kita akan pamerkan berbagai hasil dan bentuk dari kebudayaan Austronesia. Seperti budaya, arkeologi, teknologi Kebaharian dan lain-lain," ujarnya, Jumat (7/7) malam. 

Disbud DKI Gelar Pameran Wastra di Museum Tekstil

Selain memamerkan berbagai bentuk budaya dan hasil dari kebudayaan masyarakat pesisir, kegiatan juga akan dimeriahkan berbagai forum dialog. Rencananya, forum diskusi yang digelar Minggu (8/7) dengan menghadirkan sejumlah narasumber ahli terkait budaya Austronesia. 

Penamaan Austronesia berasal dari penyebutan keluarga bahasa yaitu bahasa Austronesia. Cakupan penutur bahasa Austronesia mulai dari Pulau Madgaskar di barat hingga wilayah mikronesia dan polenesia atau Pulau Paskah di timur. 

"Kegiatan ini sebagai momentum bagi kami dalam rangka HUT Museum Kebaharian yang ke-46. Kegiatan melibatkan sejumlah komunitas, masyarakat sekitar dan stakeholder terkait," terangnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Imam Hadi Utomo mengapresiasi upaya dari UP Museum Kebaharian yang menyelenggarakan kegiatan melibatkan Museum Maritim Roterdam, Kedutaan Filipina, Brasil, Museum dan Kota Makasar. Diharapkannya, upaya yang dilakukan semakin menunjukkan geliat seni dan budaya di Jakarta sudah kembali seusai terjadi pandemi. 

"Pagi tadi saya hadir di Museum Sejarah dan di sana hadir Duta Besar dari Filipina dan Australisa. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dinikmati masyarakat yang berkunjung," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2009 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1026 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye921 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati