You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin SDA Jaktim Sosialisasikan Pembangunan Saluran Air di Pondok Rangon
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pemkot Jaktim Sosialisasi Pembangunan Saluran Air di Pondok Rangon

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur menyosialisasikan rencana pembangunan saluran air di di Jalan Swadaya, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung.

Sampak yang harus ditangani lintas sekto

Sosialisasi berlangsung di Kantor Wali Kota setempat, Senin (10/7), dipimpin Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Kusmanto.

Rencana pembangunan saluran dengan sistem jacking ini disosialisasikan kepada  

12 Saluran Air Baru Kembali akan Dibangun di Jaktim

jajaran kelurahan/kecamatan, Sudin Perhubungan, Satpol PP, kepolisian dan TNI setempat.

Kusmanto mengatakan, sosialisasi penting dilakukan karena pihak kontraktor akan menutup total jalan tersebut saat proses pembangunan.

"Banyak dampak yang harus ditangani lintas sektor seperti, rekayasa lalu lintas, keamanan dan kenyamanan warga sekitar, hingga eksistensi para pelaku usaha yang ada di kawasan itu," ujarnya.

Kusmanto menjelaskan, pembangunan saluran dengan metode sistem jacking di Jalan Swadaya Pondok Ranggon bertujuan mengatasi genangan yang sering terjadi di wilayah tersebut.

"Kondisi saluran eksisting itu kecil, tidak menampung debit air yang tinggi ditambah dengan kondisi lingkungan yang berada di daerah cekungan," terangnya.

Menurutnya, sosialisasi ini masih akan terus dilakukan mengingat rentang waktu pekerjaan memakan waktu sekitar lima bulan. Setidaknya, sosialisasi lanjutan masih akan dilakukan di tingkat kota pada pekan depan dan di tingkat kelurahan pada 17, 20 dan 25 Juli mendatang.

"Kita ingin masyarakat juga mengetahui rencana pembangunan saluran air ini," ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Wawan Kurniawan menambahkan, ada dua mesin jacking yang dikerahkan untuk proyek pekerjaan saluran air di lokasi Jalan Swadaya.

"Sistem jacking dengan kedalam lima sampai enam meter digunakan karena di lokasi tersebut kontur tanahnya naik turun. Ini perlu pengaturan sudut elevasi," bebernya.

Wawan menjelaskan, total panjang saluran air yang akan dibangun di Jalan Swadaya mencapai 358,9 meter dibagi dalam dua model. Pertama, menggunakan saluran U-ditch ukuran 80x80x120 sentimeter sepanjang 239,2 meter dan jacking sepanjang 119,7 meter.

"Jacking ini akan menggunakan hong diameter 1,2 meter. Nantinya, saluran air ini akan dikoneksikan dengan Saluran Penghubung (Phb) Sapi Perah Pondok Ranggon," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati