You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif 9 A2.700 DPT warga binaan di sejumlah rumah tahanan
Sebanyak 16,4 juta jiwa dari total 22,5 juta jiwa warga DKI Jakarta telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif 9 April mendatang. Dari jumlah tersebut, 2.700 orang diantaranya merupakan warga binaan di sejumlah rumah tahana.
photo doc - Beritajakarta.id

2.700 Napi di DKI Terdaftar DPT

Sebanyak 16,4 juta jiwa dari total 22,5 juta jiwa warga DKI Jakarta telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif 9 April mendatang. Dari jumlah tersebut, 2.700 orang diantaranya merupakan warga binaan di sejumlah rumah tahanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

 Dari jumlah yang ada di DPT di wilayah kita, sebayak 2.700 orang yang merupakan warga binaan di rumah tahanan

“Dari jumlah yang ada di DPT di wilayah kita, sebayak 2.700 orang yang merupakan warga binaan di rumah tahanan (rutan),” ujar Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, usai apel penempatan personel di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (7/4).

Menurut Rikwanto, meskipun mereka saat ini sedang menjalani hukuman atas perbuatannya, namun tetap mempunyai hak dalam Pemilu 2014. Namun memang untuk memberikan haknya, ada teknis khusus. “Ya, mereka kan tetap WNI (Warga Negara Indonesia.red) hanya saja sedang berada di rutan. Jadi nanti akan ada petugas dari TPS yang ditunjuk jemput bola para tahanan disini. Mereka tetap dapat memberikan hak suaranya,” tuturnya.

Jaga TPS, Polisi Dilarang Bawa Senpi

Rikwanto mengatakan, yang akan mendatangi rutan yakni petugas dari TPS yang lokasinya paling dekat. Untuk pelaksanaan pencoblosan, secara teknis sama dengan pelaksanaan yang di luar rutan. “Disini tidak dibuat TPS khusus, hanya jemput bola saja. Jadi hak mereka tidak hilang,” ucapnya.

Terkait simulasi pengamanan yang diperagakan dalam apel hari ini, tambah Rikwanto, pihak Polda Metro Jaya sudah sangat siap dengan keadaan apapun. “Sudah dipetakan yang rawan. Dan pengamanan akan disesuaikan dengan eskalasi gangguan ketertiban dan keamanan yang terjadi di wilayah ataupun TPS tempat kejadian,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye870 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati