You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Pelajaran yang Didapat Siswa Pengguna Bus Sekolah
....
photo doc - Beritajakarta.id

Ini Pelajaran yang Didapat Siswa Pengguna Bus Sekolah

Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terus meningkatkan pelayanan publik kepada para pelajar dari tingkatan SD hingga SMA/SMK.

M engenalkan generasi penerus bangsa sejak usia dini pada kendaraan umum

Kepala UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Faris Budiman mengatakan, adanya bus sekolah yang terdapat secara menyeluruh di ibu kota akan membuat generasi penerus bangsa terbiasa menggunakan angkutan umum atau transportasi publik. Menurutnya, kebiasaan ini dapat memberikan manfaat positif terhadap lingkungan di masa mendatang.

Faris menjelaskan, ada banyak manfaat yang didapatkan generasi penerus bangsa di antaranya, mengurangi ketergantungan dari kendaraan pribadi.

Distamhut DKI Tanam 65.819 Pohon hingga Juli 2023

“Artinya, mengenalkan generasi penerus bangsa sejak usia dini pada kendaraan umum supaya mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi ketika mereka dewasa. Hal ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi polutan,” ujar Faris, Rabu (23/8).

Dia menyampaikan, generasi yang diajarkan untuk menggunakan transportasi umum akan lebih memahami pentingnya mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan pribadi.

Selain itu, siswa yang menggunakan angkutan umum atau angkutan publik secara tidak langsung dilatih kemandiriannya. Sebab, menggunakan transportasi umum memerlukan keterampilan tertentu seperti, membaca jadwal, mengetahui rute dan interaksi sosial dengan penumpang lain.

“Keterampilan ini dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri,” ucap Faris.

Dia juga menjelaskan, siswa yang menggunakan transportasi umum belajar hemat biaya karena lebih ekonomis dibandingkan mengoperasikan kendaraan pribadi mempertimbangkan biaya bahan bakar, perawatan dan parkir mengajarkan hemat biaya.

“Selain itu, naik transportasi umum seringkali lebih aman daripada mengemudi sendiri, terutama untuk remaja yang baru belajar mengemudi,” kata Faris.

Dia mengatakan, pelajaran lain yang didapat siswa dengan menggunakan angkutan umum yakni, pengembangan sosial. Pasalnya, dengan berinteraksi dengan berbagai individu di transportasi umum anak-anak dapat belajar mengenai keragaman dan meningkatkan keterampilan sosial mereka. Siswa juga berkontribusi mengurangi kemacetan karena semakin sedikit kendaraan pribadi di jalan.

“Kami ingin mendorong kesadaran komunal dalam menggunakan transportasi umum. Karena dapat mengajarkan generasi penerus bangsa tentang pentingnya berkontribusi pada masyarakat dan berpartisipasi dalam solusi komunal,” urai Faris.

Berdasarkan informasi dari UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta, layanan bus sekolah tersedia dalam dua jenis rute yaitu, rute reguler dengan 28 jalur dan rute zonasi dengan 13 jalur. Bus sekolah beroperasi setiap hari kerja yaitu Senin - Jumat yang dibagi dalam tiga sif. Sif pertama beroperasi pukul 05.30-07.00 WIB, sif kedua pukul 11.00-16.00 WIB dan sif ketiga pukul 17.00-18.30 WIB.

Dari segi kenyamanan pun bus yang dipergunakan memiliki model pintu tengah untuk akses keluar masuk. Supaya lebih nyaman, sasis dilengkapi double acting shock absorber dan stabilizer sehingga dapat meredam guncangan pada saat berakselerasi. Sasis Hino FB 130 dilengkapi dengan mesin diesel kapasitas 4.000 cc dengan keluaran tenaga mencapai 130 PS.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2070 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1183 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1048 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye772 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye761 personAldi Geri Lumban Tobing