You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Diikuti Seribuan Siswa SD, Pemkot Jakbar BERAKSI Kampanye Gemarikan di Empat Lokasi
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Pemkot Jakbar Gencarkan Pengentasan Stunting Melalui BERAKSI

Pemerintah Kota Jakarta Barat terus menggencarkan kampanye BERAKSI (Bergerak Atasi Stunting) dengan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) secara serentak di empat lokasi dan terpusat di RPTRA Kalijodo, Kelurahan Angke Kecamatan Tambora, Kamis (14/9).

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan, kegiatan tersebut dimonitor langsung oleh para ketua TP PKK baik dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan termasuk para kader yang menjadi bagian Tim Pendamping Keluarga (TPK). Ia berharap tim ini nantinya akan menjadi penggerak inti dalam pelaksanaan kegiatan Jakarta Barat Beraksi. 

Menurutnya, tanpa Gerakan PKK, seluruh program prioritas yang menjadi dedicated program Pj Gubernur termasuk tentang stunting tidak dapat berjalan secara optimal.

Kampanye Gemarikan di Jakut Sasar 2.004 Anak

"Semoga kegiatan ini membawa dampak yang positif untuk percepatan Jakarta Barat zero stunting," ujarnya, Kamis (14/9).

Sementara itu, saat sambutannya, Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hendra Hidayat, menambahkan, Jakarta Barat masih memiliki banyak PR tentang bagaimana menurunkan prevalensi angka stunting secara efektif.

"Meski kondisi Jakarta Barat setahun belakang mengalami penurunan prevalensi yang signifikan dari 17,6 persen pada tahun 2021 menjadi 15,2 persen pada tahun 2022, namun kita juga harus jujur bahwa masih banyak balita yang punya berat badan kurang," ujarnya.

Jika tidak dilakukan intervensi secara tepat dan sedini mungkin, sambung Hendra, balita-balita ini akan menjadi penyumbang terbesar calon balita stunting baru di Jakarta Barat. Agar prevalensi stunting dapat turun secara signifikan, maka perlu upaya keras baik di hulu maupun di hilir.

"Di Hulu, kita cegah stunting baru sementara di hilir kita harus pastikan balita yang sudah stunting dapat diobati agar membaik status gizinya. Intervensi di hulu membutuhkan cost yang lebih murah dan lebih dapat terlihat dampak positifnya secara lebih cepat," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, menurut penelitian, pemberian makanan tinggi protein hewani selama 14 hari dapat meningkatkan berat badan balita khususnya pada balita yang memiliki berat badan kurang. Oleh karenanya, ia sangat mengapresiasi kegiatan kolaborasi hari ini yang dilakukan dengan sangat baik bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting Jakbar.

"Artinya telah dilakukan suatu kegiatan konvergensi dalam upaya percepatan penurunan stunting di Jakbar," tandasnya.

Ditambahkan, hari ini baru sepuluh kelurahan yang terlibat, namun ke depan kita akan upayakan untuk bersama-sama mencari kolaborator lain yang siap bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Barat dalam mendukung penurunan stunting. Apalagi kegiatan ini juga menyasar anak-anak SD yang sangat memerlukan dukungan nutrisi khususnya protein hewani dalam memaksimalkan fungsi otaknya.

Pada kesempatan tersebut Hendra juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para RT/RW tokoh masyarakat, dan unsur masyarakat lainnya yang membuat kegiatan hari ini berjalan dengan sangat baik.

"Tanpa dukungan operasional dalam penyediaan makanan bergizi menggunakan bahan somay dan nugget ikan sehingga bisa tersaji menu balita hari ini, tentu kegiatan hari ini tidak maksimal," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Novy C Palit, dalam laporannya menyebut kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1.050 siswa SD.

"Hari ini 525 siswa yang berasal dari SD di wilayah Jakarta Barat I, mendapatkan paket olahan berupa somay ikan, baso ikan dan ebi furay," ujarnya.

Untuk tahap berikutnya, 525 siswa dari SD di wilayah Jakbar II, akan mendapatkan paket olahan berupa nugget ikan, baso ikan, dan ebi furay. Didistribusikan pada 18 dan 19 September 2023 di untuk beberapa SDN di wilayah Kecamatan Palmerah, Gropet, Kebon Jeruk dan Kembangan.

"Kegiatan bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi. Dalam implementasinya, Gemarikan dilakukan antara lain melalui kegiatan promosi kemitraan bersama organisasi/lembaga yang dinilai memiliki potensi untuk mengakselerasi peningkatan konsumsi Ikan. Karena dari sisi kesehatan ikan dikenal sebagai bahan sumber protein yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya anak-anak," katanya. 

"Sasaran kegiatan Safari Kampanye Gemarikan di Jakarta Barat menitikberatkan pada anak-anak usia SD dan juga ditujukan untuk balita dengan berat badan kurang atau berada di bawah garis merah (BGM) yang bertujuan untuk mendukung percepatan penurunan stunting di Jakarta Barat," tandasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pada tiga titik lainnya yakni, RPTRA Carina Sayang Kelurahan Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng, RPTRA Wijaya Kusuma Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Gropet, dan RPTRA Jati Pulo Akur, Kelurahan Jati Pulo, Kecamatan Palmerah. Kegiatan tersebut digelar secara online dan saling terhubung dan berinteraksi. 

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mencapai seribu lebih siswa sekolah dasar (SD) se-Jakarta Barat. Di RPTRA Kalijodo, kegiatan dihadiri Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, Wakil Wali Kota, Hendra Hidayat, Ketua TP PKK Jakbar, Lisniawati Uus beserta pengurus PKK kota, para asisten, pimpinan SKPD/UKPD dan aparat wilayah setempat. 

Di lokasi ini diisi berbagai acara, antara lain makan bersama olahan ikan, pembagian secara simbolis makanan ikan dan lainnya. Pembukaan kegiatan ditandai pemukulan kentongan secara bersamaan yang dilakukan para pimpinan Pemkot Jakarta Barat. Dari RPTRA Kalijodo, Ketua TP PKK Jakbar, Lisniawati Uus menyapa dan berdialog dengan para peserta kegiatan di tiga lokasi RPTRA lainnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran Kios dan Rumah di Krendang Berhasil Dipadamkan

    access_time23-05-2024 remove_red_eye1819 personTP Moan Simanjuntak
  2. Kunjungi Festival Kuliner #FoodFestOnTikTok di Lapangan Banteng Akhir Pekan Ini

    access_time24-05-2024 remove_red_eye1034 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari ini

    access_time22-05-2024 remove_red_eye829 personAnita Karyati
  4. Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di Pulau Panggang Diikuti 20 Peserta

    access_time27-05-2024 remove_red_eye786 personAnita Karyati
  5. Jalan Rusak di Perlintasan KA Kramat Sentiong Telah Diperbaiki

    access_time23-05-2024 remove_red_eye764 personBudhi Firmansyah Surapati