You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakpus dan KPA Gelar Rakor Penanggulangan HIV/AIDS
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Pemkot Jakpus-KPA Gelar Rakor Penanggulangan HIV/AIDS

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di kantor wali kota setempat.

KPA Jakarta Pusat dan unit terkait telah melaksanakan inovasi

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, rakor ini bagian dari upaya KPA dalam menjalankan fungsinya dalam bidang kesehatan, terutama penguatan koordinasi dan komunikasi.

“HIV/AIDS itu seperti fenomena gunung es yang terlihat hanya dipermukaan, tapi di bawahnya kita tidak pernah tahu," ujarnya, Senin (18/9).

KPA DKI Gelar Rakor dengan OPD dan LSM

Menurut Dhany, berdasarkan hasil penelitian pada 2007, 90 persen orang yang terinfeksi HIV/AIDS merupakan ibu rumah tangga yang setia terhadap pasangannya. Namun ada penyimpangan perilaku suaminya, sehingga istrinya terkena dampaknya.

“Pendekatan moral itu penting. Ajaran agama sebagai benteng awal. Namun, saat terjadi harus ada semangat kemanusiaan,” katanya.

Dhany menerangkan, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya penelitian, HIV/AIDS bukan hanya sekedar isu kesehatan. Namun berkembang menjadi isu penegakan hukum, karena salah satu penyebabnya narkoba melalui jarum suntik.

“Ada aktivitas penyalahgunaan dan harus dibenahi perilakunya. Pencegahan ini perlu dilakukan dengan sinergisitas lebih lanjut," terangnya.

Pelaksana tugas (Plt) Sektetaris KPA Jakarta Pusat, Asdirwati menuturkan, rakor tingkat kota ini dilaksanakan berdasarkan amanah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2008 tentang Penanggulangan HIV/AIDS dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 231 Tahun 2015 tentang Komisi Penanggulangan AIDS.

“Tujuan rakor ini untuk menyatukan pemahaman tentang penanggulangan HIV/AIDS serta sinergisitas dalam menyongsong Ending AIDS 2030,” tuturnya.

Ia menjelaskan, upaya ini perlu didorong dengan melibatkan pemangku kepentingan, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar terlibat aktif menanggulangi HIV/AIDS di Jakarta Pusat.

“KPA Jakarta Pusat dan unit terkait telah melaksanakan inovasi. Di antaranya dengan dilaksanakan penelusuran Loss to follow-up (LFU) dan penyediaan layanan kesehatan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati