You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Buruh Demo Balaikota
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Ratusan Buruh Tuntut Penetapan UMSP DKI

Ratusan massa buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi dan konfederasi melakukan unjuk rasa di depan Balaikota, Jakarta, hari ini. Dalam aksinya mereka menuntut agar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo segera menandatangani Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP). Pasalnya, penetapan sudah mundur dari jadwal sebelumnya.

Kita ada 87 sektoral dan sudah digantung empat bulan tidak ada kejelasan. Kita minta Jokowi segera tandatangani SK Gubernur tentang UMSP

Ketua Federasi Serikat Pekerja Otomotif Indonesia (FSPOI), Ben Ismet mengatakan, penetapan UMSP sudah mundur empat bulan. Padahal, seharusnya pada Januari lalu UMSP sudah ditetapkan.

"Kita ada 87 sektoral dan sudah digantung empat bulan tidak ada kejelasan. Kita minta Jokowi segera tandatangani SK Gubernur tentang UMSP," kata Ben, di depan Balaikota DKI Jakarta, Selasa (8/4).

Ratusan Buruh Blokir Pergudangan Biz Park

Menurut Ben, sebelumnya pihaknya sudah menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengenai UMSP. Saat itu, dijanjikan penetapan UMSP paling lambat akhir Maret lalu. "Ahok janji akhir Maret sampai awal April," ujarnya.

Ben mengancam akan menginap di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, jika sampai sore nanti belum ada kepastian mengenai penetapan UMSP. "Pokoknya kita akan paksa hari ini. Nginep kalau bisa. Karena besok Pemilu," tegasnya.

Dikatakan Ben, DKI sudah tertinggal dari empat daerah lainnya dalam penetapan UMSP, yakni Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor. Karena itu, mereka menuntut kejelasan penetapan UMSP dengan kenaikan UMSP 5-18 persen dari UMP 2014 DKI yakni Rp 2,4 juta.

Aksi yang masih berlangsung ini mengakibatkan lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi tersendat. Sementara, masa berorasi, Jokowi sendiri tidak berada di tempat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1086 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito