You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pemuda Pelopor Kepulauan Seribu Galakkan Tanam Mangrove
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemuda Pelopor Kepulauan Seribu Tanam 2.500 Bibit Mangrove

Guna  meningkatkan kelestarian lingkungan dan melindungi wilayah pesisir laut, puluhan anggota Pemuda Pelopor Kepulauan Seribu, Senin  (16/10), menanam 2.500 bibit Mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem pesisir.

Perwakilan Pemuda Pelopor Kepulauan Seribu asal Pulau Pari, Muhamad Alimudin mengatakan, tanaman Mangrove memiliki banyak manfaat sebagai penguat konservasi lingkungan, serta melindungi pulau dari abrasi dan dampak perubahan iklim.

“Sebanyak 2.500 bibit Mangrove kita tanam dalam kegiatan ini, semoga ini dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan," ujar Alimudin.

2.000 Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai Tidung Plaza

Menurut Alimudin, dalam giat ini pihaknya melibatkan partisipasi masyarakat lokal, komunitas, organisasi lingkungan, hingga nelayan dan wisatawan  mancanegara.

"Kegiatan ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga ekosistem pesisir. Insya Allah aksi ini akan kita lakukan di setiap pulau," tukasnya.

Kepala UKT 1 Kabupaten Kepulauan Seribu, Agni Kurnia Asdianto menjelaskan, program Pemuda Pelopor ini merupakan bagian dari upaya Kemenpora RI mendorong munculnya pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan.

Pemuda yang terpilih merupakan pemuda yang menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan serta memberikan jalan keluar atas berbagai masalah.

“Semoga mereka terus membuat karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," harap Agni.

Agus, salah seorang nelayan Pulau Pari, menilai kegiatan ini dapat menjadi investasi. Tanaman Mangrove, menurutnya, bisa jadi tempat bagi ikan dan biota laut lainnya untuk berkembang, dengan begitu akan meningkatkan hasil tangkapan para nelayan.

"Penanaman bibit Mangrove ini juga memberikan dampak positif jangka panjang dalam menjaga keanekaragaman hayati laut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3757 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1457 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1308 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1229 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1007 personAldi Geri Lumban Tobing