You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
BPBD Gelar Sosialisasi Sadar Bencana
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

BPBD Sosialisasikan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana di Balai Kota

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Biro Umum Setda Provinsi DKI Jakarta menggelar sosialisasi Manajemen Bencana dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Balai Kota, Senin (30/10).

punya pemahaman tentang bencana dan kemudian menuju budaya sadar bencana

Sosialisasi yang berlangsung sejak pekan lalu ini diikuti ratusan ASN perwakilan masing-masing lantai di setiap gedung yang ada di Balai Kota.

Materi yang diberikan di antaranya, pemahaman mengenai bencana secara umum, teknik evakusasi secara mandiri, bantuan hidup dasar, balut bidai dan estrikasi (pemindahan korban).

BPBD DKI Adakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di SMAN 57

Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan, sosialisasi mengenai kebencanaan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan potensi atau ancaman bahaya bencana, khususnya gempa.

“Bencana ada, tapi belum semua orang paham dan sadar. Melalui sosialisasi ini ketika kejadian bencana gempa, maka setiap orang di lantai itu tahu apa yang dilakukan secara mandiri maupun yang dilakukan dalam satu lantai,” ungkap Michael.

Dia menjelaskan, BPBD berkoordinasi dengan Biro Umum Setda Provinsi DKI Jakarta akan menunjuk satu orang pegawai sebagai Captain Floor di setiap lantai gedung yang dapat memberikan petunjuk atau arahan bagi pegawai lainnya ketika terjadi gempa.

“Diharapkan Balai Kota memiliki Captain Floor di setiap lantai yang dapat memberi instruksi atau komando setiap orang di lantai itu untuk mengevakuasi diri ke titik kumpul di depan Balai Kota. Dengan adanya ini, minimal tahu ada ancaman gempa, mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika gempa dan pemulihannya seperti apa,” jelas Michael.

Selain teori, peserta juga mengikuti sesi praktik balut bidai menggunakan alat peraga dan berlindung di tempat aman saat terjadi gempa.

“Harapannya seluruh pegawai di Balai Kota baik ASN, PJLP dan lainnya punya pemahaman tentang bencana dan kemudian menuju budaya sadar bencana. Ketika kita sadar bencana kita tahu hal yang harus dilakukan sebelum dan saat terjadi bencana,” tandas Michael.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2639 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2264 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1874 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1216 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1150 personTiyo Surya Sakti