You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sekda Joko Buka Expose SMK 2023
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Sekda Joko Buka Expose SMK 2023

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono membuka kegiatan Expose Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2023 di Gedung Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (P3PAUD Dikmas) DKI Jakarta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Kamis (9/11).

Tujuannya adalah mempertemukan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja

Melalui kegiatan ini Sekda Joko berharap, tidak hanya digunakan sebagai ajang untuk menunjukkan karya, bakat, dan minat, tetapi juga dapat mempromosikan lulusan SMK Jakarta ke dunia kerja, baik dunia usaha maupun dunia industri.

“Hari ini kita melaksanakan Expose SMK. Tujuannya adalah mempertemukan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Ini tidak mudah untuk mempertemukan keduanya. Untuk itu, kualitas dan mutu lulusan SMK di Jakarta harus sangat baik,” kata Sekda Joko.

Mobil Listrik Rakitan Pelajar SMKN 26 dan SMKN 1 Jakarta Dilauncing

Kegiatan Expose SMK 2023, kata Sekda Joko, merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing sekolah menengah kejuruan. Expose SMK juga digelar untuk membuka peluang kerja sama dengan stakeholder terkait, sehingga tercipta gagasan dan inovasi untuk mendukung peningkatan mutu SMK di Provinsi DKI Jakarta.

“Setelah saya amati, ternyata anak-anak SMK kreatifnya luar biasa dalam membuat inovasi-inovasi yang sangat baik. Kita mengucapkan terima kasih kepada para guru dan pembimbing yang selama ini mendampingi murid-muridnya dengan baik,” ujar Sekda Joko.

Selain itu, lanjut Sekda Joko mengharapkan, Expose SMK merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwiraswasta di Indonesia yang secara umum bertujuan mengembangkan dan mewujudkan ekonomi kreatif dan pariwisata di DKI Jakarta.

Sekda Joko mengharapkan lulusan SMK menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi pada dimensi soft skill, hard skill, karakter, serta mengisi pembangunan dengan semangat profesionalisme dan integritas. Dipaparkannya, tahun 2022, di DKI Jakarta terdapat 70.050 lulusan SMK, di antaranya 46 persen atau 32.414 orang lulusan telah terserap di industri atau dunia kerja, sebanyak 19 persen atau 13.197 orang lulusan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, serta tujuh persen atau 1.844 orang lulusan menjadi wirausaha.

“Oleh karena itu kegiatan Expose SMK ini diharapkan dapat menjadi pemantik atau pemicu dan akselerator peningkatan mutu lulusan SMK, serta media strategi bagi dunia usaha, industri, dan kerja untuk mendapatkan SDM yang profesional dan kompeten,” tegas Sekda Joko.

Dalam acara yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwo Susilo mengatakan, Expose SMK 2023 berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (9-10 November 2023).

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pula penandatangan nota kesepahaman antara Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Pusat Pasar Kerja, 18 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), 24 industri, dan 10 perguruan tinggi.

Kegiatan job fair diikuti 666 industri yang membuka 4.500 lowongan pekerjaan. Selain itu terdapat pameran/bazar hasil karya dan produk siswa dari 134 SMK negeri maupun swasta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Batu Ceper

    access_time07-04-2024 remove_red_eye5376 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Langit Jakarta Diprakirakan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time07-04-2024 remove_red_eye5074 personAnita Karyati
  3. RW 12 Cipmel Siap Berlaga di Lomba Pratama Kebersihan tingkat Nasional

    access_time07-04-2024 remove_red_eye5064 personNurito
  4. Penyintas Kebakaran Jalan Batu Ceper Dapat Bantuan

    access_time07-04-2024 remove_red_eye4858 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 932 Personel Gabungan Amankan Libur Lebaran di Jaktim

    access_time07-04-2024 remove_red_eye4855 personNurito