You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Dermaga TNKpS Pulau Kelapa Dua Kini Rampung
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Revitalisasi Dermaga TNKpS Pulau Kelapa Dua Rampung

Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Kabupaten Kepulauan Seribu telah menuntaskan revitalisasi Dermaga Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara. Saat ini, dermaga sudah bisa digunakan untuk kapal bersandar.

S udah bisa digunakan untuk kapal bersandar.

Kasie Pembangunan Pelabuhan Sudihub Kepulauan Seribu, Ahyus Wanto mengatakan, pekerjaan yang dilakukan sejak 22 September, rampung pada 6 Desember lalu. Ini lebih cepat dari jadwal semula, 15 Desember 2023.

Dermaga Utama Pulau Pramuka Diperbaiki

"Alhamdulilah, salah satu dermaga di wilayah Kepulauan Seribu Utara sudah selesai dan siap beroperasi, bahkan kapal-kapal juga sudah bisa bersandar," ujarnya, Rabu (13/12).

Ia menjelaskan, perbaikan dermaga ini menggunakan material poly ethylene dan expandable polystirene (EPS). Jenis bahan yang digunakan adalah food-grade PE dan tidak berpolusi.

Lalu, one-piece construction dengan luas permukaan lantai 100 meter, di dalam pelampung terisi expandable polystirene (EPS) foam. Serta, ukuran pada floating box adalah 1.200x800x550 milimeter dan fender material menggunakan rubber and plastic UV stabilized.

"Bahan material yang kita gunakan ini memiliki daya tahan terhadap benturan, anti ultraviolet (UV), tahan lama dan tahan terhadap asam (acid) dan alkali, bahkan tahan terhadap cuaca," kata Ahyus.

Ahyus menjelaskan perawatan dermaga ini merupakan bagian dari implementasi Perjanjian Kerjasama antara Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. 

Dermaga ini sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperluas akses wisatawan serta masyarakat ke taman wisata sanctuary, balai taman nasional kepulauan seribu (TNKpS).

"Diharapkan, masyarakat maupun petugas setempat untuk merawat dan menjaga dermaga ini agar tetap berfungsi dengan baik," ucapnya.

Lurah Pulau Kelapa, Muslim, mengapresiasi Sudinhub Kepulauan Seribu yang telah merevitalisasi dermaga di wilayahnya. Menurutnya, perbaikan dermaga ini sangat bermanfaat karena mempermudah wisatawan yang akan berkunjung ke wilayahnya.

"Dengan perbaikan sarana prasarana ini tentunya semakin mempermudah warga dan pengunjung untuk melintas, kapal-kapal pun tidak kesulitan untuk mencari tempat bersandar," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati