You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 KI DKI Jakarta telah Serahkan LPJ ke DPRD
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

KI DKI Jakarta Telah Serahkan LPJ ke DPRD

Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta telah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) lembaga ke Komisi A DPRD DKI Jakarta, Jumat (22/12) kemarin.

Kami juga melaporkan kinerja ke DPRD DKI

LPJ diserahkan Ketua KI DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat,  serta jajaran komisioner lainnya, diterima langsung Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani.

Menurut Harry, pihaknya menyerahkan LPJ ke gubernur dan DPRD DKI Jakarta sesuai amanat UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

KI DKI Jakarta Gelar Character Building Tingkatkan Kualitas SDM

"Selain menyerahkan LPJ, kami juga melaporkan kinerja ke DPRD DKI Jakarta," katanya, melalui  siaran yang diterima Beritajakarta, Sabtu (23/12).

Menanggapi penyerahan LPJ ini, Sekretaris Komisi A, Achmad Yani, sangat mengapresiasi dan menerima LPJ lembaga yang diserahkan. Diharapkannya, KI DKI Jakarta ke depan terus melakukan penguatan program dan kegiatan.

"Ke depan, saya harap upaya lembaga dapat ditingkatkan dan mampu mengeksekusi program kegiatan yang dijalankan berdampak bagi Jakarta dengan lebih optimal," ucapnya.

Yani juga menyoroti tupoksi utama Komisi Informasi, terutama terkait penyelesaian sengketa informasi. Ia menuturkan agar register sengketa informasi dapat dituntaskan dengan optimal.

"Kami mendukung dengan komitmen bersama lebih ditingkatkan perannya. Beberapa hal perlu dibenahi," tegasnya.

Sementara, Wakil Ketua KI DKI Jakarta, Luqman Hakim Arifin mengakui bahwa awareness tentang UU KIP nomor 14 tahun 2008 perlu terus ditingkatkan. Terutama melalui bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi (ESA) dan Kelembagaan.

Secara teknis dijelaskan bahwa Badan Publik yang menerima penghargaan monev terjadi peningkatan uji akses dari masyarakat sehingga register sengketa informasi pun jadi meningkat.

Kemudian, secara kelembagaan, KI DKI Jakarta juga berharap ada penguatan dari DPRD sehingga potret Indeks Keterbukaan Informasi Publik semakin dan dapat berdampak positif bagi Jakarta.

"Setiap tahun monev badan publik di Jakarta mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Terutama pada Badan Publik Informatif yang meningkat hampir 94 persen di tahun 2023," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Perumda Dharma Jaya Berikan Bantuan Gizi Anak Rawan Stunting

    access_time23-02-2024 remove_red_eye4903 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 477 Warga Cilangkap Terima Bansos Beras

    access_time23-02-2024 remove_red_eye4160 personNurito
  3. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Cerah Berawan dan Hujan Ringan

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3523 personAnita Karyati
  4. Sudin PPKUKM Jakbar Dorong Pelaku UKM Miliki NIB

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3482 personTP Moan Simanjuntak
  5. 150 Peserta Ikut Kampanye Germas di Mitra Praja Sunter

    access_time23-02-2024 remove_red_eye3458 personAnita Karyati