You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi Banjir 2024, SDA Jaktim Siapkan 10 Mobil URC
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Antisipasi Banjir 2024, SDA Jaktim Siapkan Enam Kendaraan URC

Untuk mengantisipasi banjir atau genangan di tahun ini, jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur telah menyiapkan enam mobil unit reaksi cepat (URC) yang dilengkapi pompa apung berkapasitas masing-masing 50 liter per detik.

D ua di antaranya sudah dibagikan ke Kecamatan Ciracas dan Jatinegara

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, mobil URC ini untuk menambah kekuatan dalam penanganan genangan di wilayahnya. Kendaraan ini diharapkan bisa menerjang area genangan di pemukiman warga maupun di jalan raya.

"Dari enam URC ini, lima ditempatkan di kantor kecamatan yang rawan terjadinya genangan dan satu unit lainnya disiagakan di kantor sudin," kata Saugi, Selasa (9/1).

Selama 2023, SDA Jaktim Bangun 14 Pintu Air

Menurutnya, enam mobil URC ini jenisnya bervariasi, ada yang double dan single cabin. Untuk kendaraan single cabin disiapkan di Kecamatan Cipayung dan Ciracas. Sedangkan double cabin untuk Kecamatan Jatinegara, Kramat Jati dan Cakung. Satu unit double cabin lainnya disiagakan di kantor Sudin SDA Jakarta Timur.

"Dari enam unit kendaraan ini, dua di antaranya sudah dibagikan ke Kecamatan Ciracas dan Jatinegara . Lainnya masih menunggu terbitnya STNK," lanjut Saugi.

Disebutkan, untuk mobil double cabin dilengkapi dua pompa apung dan mobil single cabin dilengkapi empat pompa apung dengan kapasitas masing - masing 50 liter per detik.

Sementara, Kasatpel SDA Kecamatan Ciracas, Yulia Indah mengatakan, satu unit mobil URC ini sudah diterima dan dioperasikan saat penanganan genangan di Jalan Raya Bogor. Tepatnya di depan pintu keluar Pasar Induk Kramat Jati. Mobil tersebut digunakan untuk memompa genangan setinggi sekitar 30 sentimeter.

"Mobil URC ini efektif untuk mengatasi genangan di pemukiman warga Karena pompanya bisa digotong dan dibawa ke pemukiman yang tergenang," ungkap  Yulia.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2071 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1183 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1049 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye773 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye766 personAldi Geri Lumban Tobing