You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Puluhan Barista Adu Piawai Meracik Kopi di PPKD Jaktim
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Puluhan Barista Adu Piawai Meracik Kopi di PPKD Jaktim

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Barista Indonesia mengadakan Manual Brew Competition 2024 di Gedung Barista Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur.

Melalui event ini diharapkan lahir barista-barista andal

Adapun jumlah peserta sebanyak 64 orang terdiri dari masyarakat umum dan alumni pelatihan barista PPKD Jakarta Timur.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, Indonesia adalah produsen kopi terbesar ke-empat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Perkembangan industri kopi tanah air tentu tidak lepas dari kerja keras para barista dalam mengembangkan terobosan dan inovasi.

Beritajakarta Raih Penghargaan dari PPKD Jaktim

“Saat ini kian marak tren menikmati kopi sebagai salah satu gaya hidup serta kedai kopi yang menjadi tempat pertemuan para anak muda masa kini, menjadikan profesi barista atau peracik minuman berbasis kopi semakin digemari,” ujar Hari, Selasa (9/1).

Hari menjelaskan, pihaknya telah membuka pelatihan Keterampilan Kerja Kejuruan Barista di berbagai Pusat Pelatihan Kerja Daerah dan Pengembangan Industri di wilayah DKI Jakarta sebagai salah satu program unggulannya. Hal ini sehubungan dengan semakin meningkatnya kebutuhan tenaga kerja di bidang barista atau pengolahan minuman kopi.

Dia menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta aktif berkolaborasi untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan program-program pelatihan. Salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah kompetisi manual brew ini.

“Melalui event ini diharapkan lahir barista-barista andal di bidang manual brew dan dibutuhkan oleh industri kopi, coffee shop dan hotel, serta di sisi lain masyarakat dapat semakin mengenal program-program pelatihan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta,” ungkap Hari.

Dia mengapresiasi inisiatif Barista Indonesia dan para perusahaan serta sponsor yang telah mendukung menyelenggarakan kompetisi manual brew. Hari menilai, kompetisi ini bukan hanya menunjukkan keterampilan dan kreativitas para barista, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi, pembelajaran dan inspirasi bagi masyarakat.

“Tetap bersemangat dan berikan yang terbaik dalam setiap kategori perlombaan, berikan kemampuan terbaiknya,” tandas Hari.

Kepala Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur, Teguh Hendarwan mengatakan, Manual Brew Competition 2024 bertema ‘Let's Grow Together Manual Brew Competition 2024’ ini merupakan kompetisi manual brew dalam rangka meningkatkan kompetensi barista.

“Sekaligus memperkenalkan program pelatihan keterampilan kerja kejuruan barista yang tersedia di PPKD Jakarta Timur,” ucap Teguh.

Hadiah yang disediakan dalam ajang ini antara lain, uang senilai 3.000.000 rupiah dan Piala Kadis Cup DTKTE DKI Jakarta bagi pemenang Juara 1, 2.000.000 rupiah bagi pemenang Juara 2 dan 1.000.000 rupiah bagi pemenang Juara 3 serta merchandise bagi peserta kompetisi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2675 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2299 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2118 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1916 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1256 personAnita Karyati