You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
20 PPSU Tangani Genangan dan Pohon Sempal di Cilangkap
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

20 PPSU Tangani Genangan dan Pohon Sempal di Cilangkap

Sebanyak 20 anggota PPSU Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, dikerahkan untuk membantu penanganan genangan dan pohon sempal di sejumlah lokasi, Kamis (11/1).

S etelah hujan reda, 30 menit kemudian genangan itu surut total,

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Cilangkap, Sumarmi mengatakan, genangan dan pohon sempal di wilayahnya terjadi saat hujan turun deras sekitar pukul 15.00.  

Umumnya, kata Sumarni, genangan terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dan saluran drainase yang ada tidak mampu menampung debit air, sehingga melimpas ke jalanan. Namun, genangan ini tidak mengganggu aktivias warga.

Warga Bantu Proses Penopingan Tiga Pohon di Cilangkap

"Titik rawan genangan karena berada di daerah cekungan atau dataran paling rendah. Kemudian saluran airnya kecil dan tak mampu menampung debit air tinggi. Namun setelah hujan reda, 30 menit kemudian genangan itu surut total," ujar Sumarmi.

Dia mengungkapkan, genangan tersebar di empat lokasi berbeda. Masing-masing di Perumahan Alamanda atau Perumahan Cilangkap Pratama di RT 04/03 ketinggian genangan sekitar 25 sentimeter. Di lokasi ini merupakan daerah cekungan dan terjadi penyempitan saluran air karena banyak bangunan di sekitarnya.

Kemudian di Gang Tongkit RT 04/04 ketinggian genagan mencapai 40 sentimeter. Di Jalan Pulo Harapan 4 dan 5 RT 07/06 ketinggian genangan sekitar 15 sentimeter dan di Gang Tani RT 06/04 ketinggian 15 sentimeter. Genangan terjadi saat cuaca diguyur hujan deras sekitar pukul 15.00.  

"Setelah hujan reda, 30 menit kemudian genangan itu surut total," ujar Sumarmi.

Selain genangan, kata Sumarni, pasukan oranye juga menangani pohon Tabebuya yang sempal di Jalan Mabes AL RT 05/04 dan menutupi badan jalan. Dalam waktu sekitar 15 menit proses evakuasi pohon sempal ini selesai.

"Penanganan cepat dilakukan karena jalan tersebut merupakan akses keluar masuk kendaraan dari Mabes AL maupun arah sebaliknya," ucapnya..

Sementara, Ketua RT 04/03 Cilangkap, Mohamad Daris Salam, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada personel PPSU yang rutin melakukan penanganan setiap terjadinya genangan.

Menurutnya, petugas PPSU membantu mengatasi genangan dengan membersihkan sampah di saluran air agar tidak masuk ke dalam gorong -gorong yang ada di bawah Jalan Mabes AL.

"Kalau sampah sampai masuk gorong-gorong, penanganannya akan lebih sulit,"ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye895 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing