You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Gulkarmat Jaktim Gelar Pelatihan Pencegahan Kebakaran 5.731 Kali
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Gulkarmat Jaktim Telah Lakukan 5.731 Pelatihan Pencegahan Kebakaran

Sepanjang  2023,  jajaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur telah melaksanakan 5.731 pelatihan pencegahan kebakaran.

Sebanyak 5.666 kegiatan dilakukan tanpa menggunakan APBD,

Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, pelatihan diberikan secara teori dan praktik untuk meminimalisir terjadinya kasus kebakaran, khusunya di wilayah pemukiman padat penduduk.

"Sebanyak 5.666 kegiatan dilakukan tanpa menggunakan APBD, bersinergi dengan pihak CSR. Sedangkan 65 kegiatan lainnya menggunakan dana APBD, " papar Muchtar, Selasa (16/1).

Sudin Gulkarmat Jaktim Berikan Apresiasi 11 ASN Purnabakti

Menurutnya, kegiatan sosialisasi non anggaran dilakukan setiap sektor-sektor Gulkarmat di 10 kecamatan. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk imbauan menggunakan kendaraan bermotor berkeliling ke pemukiman warga. Selain itu, di sekolah-sekolah dan balai pertemuan warga serta sejumlah kegiatan di lingkungan.

"Termasuk penempelan dan pembagian stiker imbauan waspada ancaman bahaya kebakaran. Penempelan stiker ini biasanya melibatkan unsur kelurahan maupun kecamatan di masing-masing wilayah,"ungkap Muchtar.

Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi  Parwoko menambahkan, selain melakukan sosialisasi pihaknya juga melakukan pembentukan  relawan pemadam kebakaran (Redkar) tingkat kelurahan. Dari 65 kelurahan yang ada,  saat ini sudah 30 Kelurahan yang memiliki relawan pemadam kebakaran.

"Masing-masing kelurahan memiliki 30 relawan pemadam kebakaran,"ujarnya.

Sedangkan untuk bangunan gedung bertingkat, jelas Edi, dilakukan pembentukan manajemen keselamatan kebakaran gedung (MKKG). Seperti di rumah susun, rumah sakit pemerintah dan lainnya.

Menurutnya , kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu upaya pencegahan kebakaran dengan metode sosialisasi, edukasi dan simulasi penanggulangan kebakaran kepada masyarakat secara langsung.

Pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini mendapat respon positif dari warga, salah satunya Sekretaris RW 02 Cilangkap, Misran Arief. 

Menurutnya, selain dapat teori warga juga diajak praktik melakukan pemadaman api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan karung basah.  

"Kita juga mengajak warga untuk selalu waspada ancaman bahaya kebakaran yang dapat terjadi kapan saja," ungkap  Arief

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3016 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2940 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2880 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2683 personAldi Geri Lumban Tobing