You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
27 Amil Jenazah Diberikan Pelatihan dan Santunan di Pulau Kelapa
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di Kepulauan Seribu Utara Diikuti 27 Peserta

Sebanyak 27 peserta dari Kelurahan Pulau Kelapa dan Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu mengikuti pelatihan pemulasaraan jenazah.

Melaksanakan tugas mulia

Lurah Pulau Kelapa, Muslim menyambut baik pelaksanaan pelatihan pemulasaraan dan santunan yang digagas oleh Dompet Dhuafa untuk amil jenazah tersebut.

"Kegiatan ini perlu diapresiasi karena tidak banyak orang yang bisa memandikan dan mengurus jenazah," ujarnya, di lokasi pelatihan, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Nyiur Melambai, Kelurahan Pulau Kelapa, Kamis (25/1).

Kelurahan Kebagusan Dapat Bantuan Paket Kelengkapan Kesehatan

Ia berharap, program pemulasaraan jenazah ini dapat ditingkatkan untuk para remaja atau anak muda. Sehingga, generasi muda di setiap RW bisa mengurus jenazah di lingkungannya masing-masing.

"Semoga ke depan pembinaan ini dapat dilaksanakan di semua wilayah Kepulauan Seribu agar ada generasi baru yang bisa menjadi penerus melaksanakan tugas mulia ini," terangnya.

Kepala Lembaga Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa, Noor Awaludin Ashjar menjelaskan, pelatihan ini bertujuan membangun pemahaman agar masyarakat tidak lagi merasa takut dan kesulitan dalam menangani jenazah.

"Kami juga ingin membangun kepedulian di masyarakat dalam mengurus jenazah di lingkungan mereka," ungkapnya.

Menurutnya, para peserta diberikan materi pelatihan tentang penanganan jenazah antara syar'i dan tradisi melalui kaidah fiqih, serta praktik mengkafani dan memandikan jenazah.

"Mereka yang mendapatkan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keahlian dan keilmuannya untuk terjun di masyarakat membantu penanganan pemulasaraan jenazah," harapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Pulau Kelapa, Mujena (55) merasa bersyukur dan berterima kasih atas terselenggaranya pelatihan pemulasaraan jenazah dan santunan yang diinisiasi Dompet Dhuafa.

"Saya mendapat banyak tambahan pengetahuan dalam tata cara pengurusan jenazah. Saya menjadi semakin siap membantu warga yang memerlukan jasa saya. Ini salah satu bentuk amal ibadah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3783 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1479 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1328 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1255 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1022 personAldi Geri Lumban Tobing