You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas KPKP Lakukan Pendampingan Budidaya Cabai di Depo LRT Jakarta
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Lakukan Pendampingan Budi Daya Cabai di Depo LRT Jakarta

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta meninjau lokasi budi daya cabai (Green House) di Depo LRT Jakarta, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (1/2).

Pengendaliannya akan dilakukan oleh oleh Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman

Peninjauan dalam rangka monitoring progres sekaligus pendampingan terhadap pegawai LRT Jakarta dalam melakukan budi daya cabai.

Dinas KPKP Ajak Masyarakat Giatkan Budi Daya Cabai

“Ini adalah tindak lanjut dari kegiatan-kegiatan yang kita lakukan sebelumnya. Kita support benih atau bibitnya, memberikan pendampingannya, sedangkan LRT menyediakan sarananya,” ujar Mujiati, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta.

Mujiati menjelaskan, ditemukan permasalahan di hama penyakit dalam perjalanan budidaya cabai tersebut. Oleh karena itu, Dinas KPKP DKI Jakarta ikut menghadirkan Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta, Institut Pertanian Bogor (IPB), M Syukur untuk mengecek secara langsung permasalahan dan treatment yang akan dilakukan untuk menjaga agar tanaman cabai yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan sesuai yang diharapkan.

“Tadi setelah dilakukan pengecekan tanaman banyak terserang hama. Pengendaliannya akan dilakukan oleh oleh Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman yang juga akan memberikan pestisida sesuai arahan dari Pak Syukur,” kata Mujiati.

Mujiati menambahkan, Dinas KPKP DKI Jakarta juga akan mendukung penyediaan pupuk serta kapur untuk menjaga tanaman tetap bisa tumbuh subur.

“Kita akan berikan kapur karena ternyata Ph-nya rendah, maka kita harus tingkatkan Ph-nya agar netral,” ucap Mujiati.

Selain itu, Dinas KPKP DKI Jakarta menyarankan agar green house tersebut dipasang instalasi irigasi untuk penyiraman sekaligus pemupukannya dengan sistem irigasi tetes, sehingga menghemat tenaga kerja.

“Dari awal terus dilakukan pendampingan selama seminggu sekali oleh Dinas KPKP dan melakukan pengecekan untuk mengantisipasi kalau terjadi serangan hama dan supaya nantinya tanaman cabai memiliki kualitas yang baik,” kata Mujiati.

Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis PT LRT Jakarta, Sahurdi mengapresiasi dukungan penuh Dinas KPKP DKI Jakarta dalam bentuk pendampingan dan monitor secara berkala terhadap budi daya cabai di Green House LRT.

Sahurdi mengatakan, cabai termasuk sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat namun harganya sering berfluktuasi. Menurutnya, budidaya cabai ini merupakan bagian dari Gerakan Jakarta Menanam dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan serta mendukung pengendalian inflasi.

“Bibit di-support sama KPKP DKI Jakarta, luar bisa. Bahkan ada petugas KPKP yang rutin datang ke sini. Karena kami juga butuh bimbingan dan pendampingan dari ahlinya mulai dari pembasmian hama, kebutuhan akan bibit dan pupuk semua dari KPKP. Saran dan masukan treatement dari Dinas KPKP kita lakukan seperti, penyiraman dan cara menanam yang perlu perbaikan untuk hasil lebih baik,” tandas Sahurdi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3006 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2935 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2921 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2875 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2678 personAldi Geri Lumban Tobing