You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Empat Sumur Resapan di Pulau Tidung Rampung Lusa
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pembangunan Empat Sumur Resapan di Pulau Tidung Ditargetkan Rampung Lusa

Pembangunan sumur resapan di lingkungan permukiman warga Jalan Lapangan Sepak Bola, RT 03/04, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan ditargetkan rampung Jumat (9/2) lusa.

W arga bebas genangan

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, pembangunan sumur resapan air yang dimulai sejak Jumat (2/2) ini dipercepat agar di lokasi tersebut tidak terjadi genangan saat hujan mengguyur. Sebab, di bulan ini intensitas curah hujan semakin tinggi.

"Pembangunan ini merupakan tindak lanjut permintaan dari RW setempat karena jarak sumur resapan yang ada terlalu jauh satu lokasi dan lainnya. Sehingga, mudah terjadi genangan saat terjadi hujan deras," ujarnya, Rabu (7/2).

Empat Sumur Resapan Dibangun di Pulau Pramuka

Ia menambahkan, pengerjaan dimulai dengan penggalian tanah sepanjang 120 meter untuk pemasangan paralon dengan ukuran enam inci. Kemudian, setiap jarak 30 meter dibangun sumur resapan air dengan panjang dan lebar 65 centimeter berkedalaman 50 sentimeter.

"Sumur resapan ini saling terhubung dengan paralon dan nantinya bak sumur ini akan ditutup dengan plat yang sudah dibuat. Pekerjaan yang dilakukan secara manual ini melibatkan 11 personel Pasukan Biru," terangnya.

Menurutnya, selain sebagai antisipasi genangan saat hujan, sumur resapan ini juga berfungsi sebagai cadangan air tanah saat musim kemarau.

"Mudah-mudahan dengan adanya sumur resapan ini area jalan permukiman warga bebas genangan. Saya minta warga juga ikut merawat sumur resapan ini agar tidak rusak dan tahan lama," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RT 03, Kelurahan Pulau Tidung, Moh Dais menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu yang sudah merespons cepat pembangunan empat sumur resapan di wilayahnya.

"Warga bersyukur karena usulan yang disampaikan direspons baik dan langsung ditindaklanjuti. Petugas juga bekerja dengan cepat dan rapi, mudah-mudahan setelah rampung dapat berfungsi dengan baik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. DKI Raih Penghargaan Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan dari Bapanas RI

    access_time16-02-2024 remove_red_eye8912 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 15 Pohon Tabebuya Ditanam di Akses Jalan KCIC Halim

    access_time16-02-2024 remove_red_eye4720 personNurito
  3. Anwar Pimpin Tanam Cabai di.Markas Brigif 1 Jaya Sakti

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3731 personNurito
  4. Sebagian Wilayah Jakarta Bakal Diguyur Hujan

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3368 personAnita Karyati
  5. 60 Personel Gabungan dan Warga Bersihkan Kali Sunter

    access_time17-02-2024 remove_red_eye3021 personNurito