You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj Gubernur dan Kadin DKI Tanam Pohon dan Sebar Benih Ikan di Waduk Jagakarsa
.
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Heru dan Kadin DKI Tanam Pohon dan Sebar Benih Ikan di Waduk Jagakarsa

Untuk meningkatkan fungsi waduk, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menanam sebanyak 50 pohon dan menebar 10.000 benih ikan di Waduk (Embung) Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dilakukan secara sinergi bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, pada Jumat (16/2).

Hari ini kita menanam sekitar 50 pohon di sekitar Waduk Jagakarsa

"Hari ini kita menanam sekitar 50 pohon di sekitar Waduk Jagakarsa. Jenis pohonnya Tabebuya. Ini sinergi kita bersama Kadin DKI Jakarta, di mana mereka sudah menanam sekitar 1.000 pohon sejauh ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga sekitar," ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Setelah itu, Pj Gubernur Heru turut menebar benih ikan (restocking) di Waduk Jagakarsa. Sebanyak 10.000 ekor benih Ikan tawes dan nila ditebar, setelah sebelumnya pada 14 Februari 2024 silam juga ditebar benih ikan dengan jumlah yang sama. Uji kualitas air sebelumnya telah dilakukan untuk mengecek kelayakan air yang akan dilakukan restocking.

Penebaran Benih Ikan Warnai Rangkaian Perayaan Malam Tahun Baru di Kawasan KBT

Restocking merupakan salah satu upaya menambah stok ikan di perairan umum, sehingga dapat meningkatkan keanekaragaman sumber daya ikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di perairan umum sebagai upaya pelestarian sumber daya perairan.

Pj Gubernur Heru pun menjelaskan, area Waduk Jagakarsa mempunyai luas sekitar 8.000 m² yang dapat menampung 17.000 kubik air. Waduk tersebut diharapakan dapat bermanfaat, terutama untuk mencegah genangan saat curah hujan tinggi di Jakarta Selatan. Pembangunan waduk lain juga masih terus diupayakan untuk meminimalkan dampak musim penghujan.

"Jadi tahun ini kita akan membangun tiga embung di Jakarta. Salah satunya sudah terbangun di Jagakarsa. Tinggal dua lagi yang masih proses. Selain untuk menampung kebutuhan air bersih, juga sebagai pencegahan banjir," ucap Heru.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Heru didampingi Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Adriansyah; Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, Bayu Meghantara; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI, Suharini Eliawati; Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Ika Agustin; Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) DKI, Marulina Dewi; Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin; serta Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2020 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1133 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1039 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye941 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye793 personBudhi Firmansyah Surapati