You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Nilai Ketertarikan Business Matching
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Nilai Ketertarikan Business Matching 2023 Capai Rp 143,4 Miliar

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mencatat, selama 10 batch pelaksanaan  Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Februari hingga Desember 2023, nilai ketertarikan yang diraih mencapai Rp 143,4 miliar.

D iikuti perusahaan dari Jakarta, Bogor, Cikarang, Bandung, Tangerang, Klaten dan Blitar

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, tujuan dilaksanakannya Business Matching untuk mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan mengurangi penggunaan produk impor dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, lanjut Ratu, kegiatan ini juga untuk mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, serta bagian dari pembinaan yang dilakukan pihaknya sebagai salah satu langkah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Sekda Buka Business Matching Batch XI P3DN 2024

“Business Matching P3DN ini digelar untuk membuka peluang seluas-luasnya agar produk Indonesia dapat berjaya di negeri sendiri,” ungkap Ratu, Selasa (20/2).

Menurut Ratu. untuk menggerakkan roda perekonomian tentunya produk yang telah dihasilkan industri dalam negeri harus dibeli dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Diungkapkan Ratu, Business Macthing mempertemukan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dengan para produsen produk dalam negeri yang sudah bersertifikat TKDN untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang/jasa di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

“Business Macthing P3DN 2023 telah diikuti perusahaan dari Jakarta, Bogor, Cikarang, Bandung, Tangerang, Klaten dan Blitar,” ucap Ratu.

Ratu meminta seluruh PPK/PPTK/PPBJ pada Perangkat Daerah, Unit Kerja Perangkat Daerah, RSUD, maupun BUMD di Provinsi DKI Jakarta untuk terus memprioritaskan produk bersertifikat TKDN dalam setiap pengadaan barang/jasa.

“Selain itu, optimalkan pencatatan pengadaan barang atau jasa pada sistem aplikasi yang telah ditentukan untuk mendorong capaian P3DN dan berpartisipasi aktif mengisi formulir ketertarikan Business Matching yang bisa diisi di masing-masing booth eksibitor,” tandas Ratu.

Untuk diketahui, selama 2023 Dinas PPKUKM DKI Jakarta telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam mendukung P3DN selain Business Matching. Yakni, Fasilitasi Pendaftaran TKDN Industri Kecil sebanyak 1.879 sertifikat dan pembinaan terhadap 1.570 pelaku industri.  

Kegiatan lainnya yakni penyusunan laporan P3DN yang didukung seluruh perangkat daerah dan BUMD dalam penyelenggaraan usahanya.

Berdasarkan pantauan laman Bigbox Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) per 15 Februari 2024, Provinsi DKI Jakarta telah merealisasikan belanja Produk Dalam Negeri sebesar Rp 26,56 triliun selama 2023 atau 167,6 persen dari komitmen belanja Produk Dalam Negeri sebesar Rp 15,85 triliun.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3004 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2935 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2919 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2875 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2678 personAldi Geri Lumban Tobing