You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
35 Grup Meriahkan Lomba Festival Bedug Jakarta Utara
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

35 Peserta Ikuti Festival Beduk Tingkat Kota Jakarta Utara

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara menggelar Festival Beduk Tingkat Kota di halaman Plaza Barat Kantor Wali Kota setempat, Jumat (15/3). Festival ini diikuti sebanyak 35 tim atau grup dari 31 kelurahan.

Pengumuman pemenang dilakukan sore ini

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara, Cucu Rita Sary mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah sekaligus membuka ruang berekspresi dan inovasi dalam menabuh beduk bagi masyarakat Jakarta Utara. 

"Jumlah peserta mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya enam tim atau grup. Saya bangga karena ada kelurahan yang mengikutsertakan lebih dari satu grup," ujarnya, Jumat (15/3).

Sudin Kebudayan Jakut Gelar Festival Bedug Tingkat Kota

Cucu menjelaskan, Festival Beduk ini menghadirkan Dewan Juri berkompeten. Sebab, pemenang lomba nantinya juga akan mewakili Jakarta Utara dalam lomba serupa di tingkat provinsi.

"Pengumuman pemenang dilakukan sore ini dan hadiah InsyaAllah diserahkan langsung Pak Wali Kota. Semoga festival ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat, khususnya pelajar dan generasi muda di Jakarta Utara," terangnya.

Ketua Pelaksana Festival Bedug 2024, Aep Tursaman menambahkan, untuk penilaian dari Dewan Juri meliputi teknik dan variasi pukulan bedug, sikap, kekompakan, kerapian pakaian, serta kefasihan.

"Juri juga memberikan penilaian terhadap lantunan Takbir dan Salawat, serta inovasi yang dibawakan di atas panggung," bebernya.

Menurutnya, dari 35 grup yang bersaing dalam ajang ini akan dipilih enam terbaik dan mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan.

Untuk Juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp 12,5 juta, Juara 2 Rp 10 juta, dan Juara 3 Rp 8,5 juta. Kemudian, Juara Harapan 1 Rp 7,5 juta, Juara Harapan 2 Rp 6,5 juta, dan Juara Harapan 3 Rp 5 juta.

"Saya berharap seluruh peserta dapat menampilkan kemampuan terbaik sesuai kriteria penjurian dan memiliki kreasi yang dapat menjadi daya tarik," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Sunter Agung, Nani Sulistianingsih mengaku sangat mendukung diadakannya Festival Beduk yang juga menjadi kearifan lokal.

Kelurahan Sunter Agung, kata Nani, mengirimkan satu grup yang beranggotakan tujuh orang terdiri dari unsur warga, petugas PPSU, dan pengurus RPTRA.

"Mereka membawa konsep Betawi. Kami optimistis menang karena telah melakukan yang terbaik dan memikirkan konsep dengan matang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6885 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3305 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3298 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3240 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2862 personAnita Karyati