You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
dinas perumahan jaktim tingkatkan kampung deret
Pekerjaan Pembangunan Kampung Deret di Pemukiman kumuh dan padat di RT02 , RW 08 Kelurahan Cipinang Besar Selatan), Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kini telah rampung dan di sambut  baik para warga. Menurut  Kasudin Perumahan Jakarta T.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Pemukiman Kumuh di Jaktim Akan Dibenahi

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat serta tempat tinggal yang layak huni, Sudin Perumahan dan Gedung Pemda Jakarta Timur, makin intensif memantau dan mempelajari seluruh pemukiman kumuh yang akan dibenahi dalam program kampung deret. 

Dulunya banyak warga banyak yang tidak mau rumahnya dibongkar untuk diperbaiki. Namun setelah rumah tetangganya bagus, warga yang menolak malah minta rumahnya diperbaiki

Kasudin Perumahan dan Gedung Pemda Jakarta Timur, Yuli Hartono mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan terkait pemukiman kumuh padat penduduk yang akan 'disulap' dengan program kampung deret.

"Tahun ini kita akan terus melakukan pembenahan secara bertahap. Dan sampai saat ini, data yang sudah kita terima di wilayah Jakarta Timur sendiri ada sekitar 1100 unit yang akan dibenahi, “ kata Yuli Hartono, Kamis (10/4).

200 Unit Rumah Deret Akan Dibangun di Kalianyar

Padahal awalnya program ini sempat memperoleh penolakan dari warga. Namun setelah melihat program kampung deret yang memuaskan, warga pun berbondong-bondong mendaftarkan diri agar pemukimannya dibenahi.

"Dulunya banyak warga banyak yang tidak mau rumahnya dibongkar untuk diperbaiki. Namun setelah rumah tetangganya bagus, warga yang menolak malah minta rumahnya diperbaiki," ujar Yuli.

Di Jakarta Timur terdapat empat kecamatan yang sudah diterapkan konsep kampung deret. Pertama, di Kecamatan Duren Sawit, Kelurahan Klender RW 01 dengan total 393 rumah. Lokasi kedua, yaitu di Kecamatan Pulo Gadung, Kelurahan Pisangan Timur RW 015 sebanyak 291 rumah. Selanjutnya, Kecamatan Cakung, Kelurahan Jatinegara RW 05 sebanyak 49 rumah.

Lokasi keempat,  yakni di Kecamatan Jatinegara, Kelurahan Cipinang Besar Selatan RW 02 dengan total 97 rumah.

Sementara untuk tahun ini, Pemprov DKI akan membangun kampung deret sebanyak 13 RW di wilayah Jakarta Timur, di antaranya Matraman, Cakung, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati dan Cipayung.

Total jumlah rumah yang akan diperbaiki oleh Pemprov DKI pada tahun ini di Jakarta Timur kira-kira sebanyak 1.400 sampai 1.600 unit.

Salah seorang warga Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Tami (42) mengaku, awalnya dia menolak program kampung deret. Sebab, menurutnya program ini awalnya adalah program penggusuran warga. Tapi setelah melihat rumah tetangganya yang sudah diperbaiki, dia pun kemudian mendaftarkan rumahnya dalam program kampung deret.

"Saya akan mendaftar untuk program kampung deret berikutnya. Saya berharap pembangunan ini terus dilakukan, apalagi masih banyak rumah warga yang kondisinya sudah tidak layak,” cetus Tami.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3522 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3246 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2880 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2842 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2830 personAnita Karyati