You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkot Jakpus Programkan Bedah Kawasan Terdampak Kebakaran di Menteng
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pemkot Jakpus Programkan Bedah Kawasan Terdampak Kebakaran di Menteng

Pemerintah Kota Adminsitrasi dan Baznas Bazis Jakarta Pusat, akan melakukan bedah kawasan di permukiman warga terdampak kebakaran, Jalan Anyer RT 06/09 Kelurahan Menteng. Rencananya, pekerjaan teknis pembangunan akan dimulai Kamis (25/4) mendatang.

Ditargetkan, pekerjaan teknis bisa selesai pada Juli mendatang.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Pusat, Raja Zamzami mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan untuk memetakan situasi kebutuhan. Hasilnya, didapati 14 bangunan rumah mengalami rusak berat dan delapan lain terdampak.

"Untuk rumah mengalami rusak berat, ada 12 yang akan kami bangun ulang. Sedangkan yang terdampak, akan dilakukan perbaikan," katanya, Jumat (19/4).

Baznas Bazis Jakpus Tambah Alokasi Bedah Rumah di Sumur Batu

Dijelaskan Raja, dari total 14 rumah yang rusak berat akibat kebakaran itu, satu di antara telah dibangun ulang oleh pemilik. Selain itu, ada seorang warga yang memiliki dua bangunan rumah sehingga alokasinya hanya dihitung satu.

Dari total 12 rumah yang akan dilakukan pembangunan ulang, lanjut Raja, satu di antaranya akan dimanfaatkan menjadi ruang bermain anak. Secara teknis, ruang bermain anak itu dibangun di salah satu rumah memanfaatkan bagian dasar seluas sekitar 30 meter dan bagian lantai selanjutnya untuk hunian.

Ditambahkan Raja, kegiatan bedah kawasan juga meliputi perbaikan fasilitas umum seperti pelebaran jalan dan drainase. Kegiatan perbaikan sarana umum akan melibatkan sejumlah OPD, seperti Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Pusat.

Menurut Raja, anggaran untuk melakukan bedah kawasan ini bersumber dari dana Zakat Infak Sedekah (ZIS). Ditargetkan, pekerjaan teknis bisa selesai pada Juli mendatang.

"Lalu di ruang bermain anak, kita akan kordinasikan agar bisa dilengkapi. Mungkin, alat peraga edukasi dari Sudin PPAPP dan buku dari Pusip Jakarta Pusat," tambahnya.

Ketua RW 09 Kelurahan Menteng, Achmad Amir mengungkapkan, mengapresiasi terhadap program bedah kawasan yang akan dilaksanakan mulai pekan depan itu. Ia juga mengucap syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program tersebut.

"Semoga bedah kawasan ini dapat berjalan dengan lancar," tandasnya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3332 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2985 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2701 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2662 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2653 personAnita Karyati