You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KPw BI DKI Catat 524 Pengaduan Konsumen Selama Triwulan I
....
photo doc - Beritajakarta.id

KPw BI DKI Catat 524 Pengaduan Konsumen Selama Triwulan I

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta mencatat terdapat sebanyak 524 pengaduan konsumen yang berdomisili di Jakarta (termasuk bodebeka) pada periode triwulan I tahun 2024.

menyediakan booth layanan dan talkshow edukasi Pelindungan Konsumen

Dari jumlah tersebut, sebanyak 497 pengaduan telah selesai ditindaklanjuti melalui proses edukasi dan 27 melalui proses konsultasi yaitu penanganan dan tindak lanjut kepada penyelenggara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, penanganan pengaduan untuk perlindungan konsumen terus berlanjut dalam rangka menjaga keyakinan konsumen.

Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Ia menyampaikan, jenis pengaduan tertinggi mengenai kartu kredit yaitu terkait etika penagihan, produk digunakan orang lain dan keringanan tagihan.

“Kemudian BIFAST terkait transfer dan saldo tidak bertambah. Transfer Dana terkait fraud. Dompet Elektronik terkait top up tidak berhasil. QRIS terkait kendala transaksi error dan penipuan,” ungkap Arlyana, Senin (27/5).

Ia menjelaskan, KPw BI DKI Jakarta terus melakukan langkah preventif dengan memberikan pemahaman terkait produk atau layanan sistem pembayaran, hak dan kewajiban konsumen, serta imbauan agar bertransaksi lebih aman dan terlindungi.

Arlyana menambahkan, upaya progresif KPw BI DKI Jakarta yaitu dengan melakukan publikasi konten edukasi melalui kanal media sosial dan siaran radio bekerja sama dengan lembaga/asosiasi.

“Selain itu bentuk lain dari edukasi yang dilakukan yaitu menyediakan booth layanan dan talkshow edukasi Pelindungan Konsumen,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1434 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1339 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1264 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1108 personFolmer