You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 100 Peserta Ikuti Sosialisasi Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

100 Peserta Ikuti Sosialisasi Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban di Jakut

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara menyelenggarakan sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban dan penanganan daging kurban kepada 100 pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota setempat.

Mendapatkan wawasan baru 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Kota Jakarta Utara, Muhammad Andri mengatakan, sosialisasi ini merupakan kegiatan tahunan yang merupakan rangkaian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat dalam pelaksanaan ibadah kurban.

"Sosialisasi ini awal dari kegiatan pelayanan pemerintah agar selama pelaksanaan ibadah kurban masyarakat mendapat hewan kurban yang telah memenuhi syarat kesehatan dan daging yang dibagikan kepada masyarakat itu aman, sehat, utuh, dan halal," ujarnya, Selasa (11/6).

Sudin KPKP Jakut Adakan Webinar Bahas Hewan Kurban

Ia mengingatkan, kepada peserta sosialisasi untuk tetap menjaga kehigienisan saat pemotongan daging kurban, melakukan pembuangan limbah secara tepat, serta packing daging kurban tidak dianjurkan menggunakan kantong plastik sekali pakai melainkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

"Saya berharap para peserta mendapatkan wawasan baru yang mungkin belum didapat sebelumnya. Terima kasih kepada para kolaborator yang telah mendukung kegiatan ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada tahun lalu Pemkot Jakarta Utara berhasil mengumpulkan dan menyalurkan hewan kurban lebih dari 150 ekor baik itu sapi, kambing, dan domba.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto menjelaskan, sosialisasi menghadirkan narasumber berkompeten,

Ketua DMI Jakarta Utara, Suwardi dan Hadri Latif dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis Institut Pertanian Bogor.

"Materi yang disampaikan di antaranya, hukum serta panduan pelaksanaan ibadah kurban, penanganan hewan dan daging kurban yang higienis, tata cara penyembelihan maupun penanganan limbah pemotongan hewan kurban," terangnya.

Menurutnya, pada 12 Juni mendatang juga akan diadakan kegiatan serupa di Masjid Ash Sholihin, Jakarta Utara dengan jumlah 100 peserta.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para kolaborator Pelindo dan Indonesia Power yang telah menyerahkan bantuan 100 terpal dan 100 pisau yang nantinya dibagikan kepada pengurus masjid," ucapnya.

Sudin KPKP Jakarta Utara, imbuhnya, juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 98 penampungan, dengan total hewan yang telah diperiksa 2.862 ekor Sapi, tujuh ekor Kerbau, 2.386 ekor Kambing dan 426 ekor Domba.

"Kami akan terus turun ke lapangan hingga hari Raya untuk pemeriksaan hewan kurban sekaligus memantau proses pemotongan hewan kurban. Supaya masyarakat tetap aman dan bisa mengkonsumsi daging kurban dengan sehat," bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta sosialisasi, warga Kelurahan Tanjung Priok, Hasan Bashri (56) mengaku sangat senang bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan terkait penanganan hewan kurban.

"Sangat positif dan bermanfaat, saat pelaksanaan pemotongan kita bisa tahu hewan mana saja yang layak atau tidak, maupun daging yang bagus," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. JakLingko Indonesia Raih Penghargaan DTKJ Awards 2024

    access_time21-09-2024 remove_red_eye1190 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1178 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye995 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye988 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Heru Serahkan Apresiasi Pemenang Lomba RT/RW Tertib Adminduk

    access_time21-09-2024 remove_red_eye955 personBudhi Firmansyah Surapati