You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
RW 04 Kelurahan Pulau Panggang Optimis Raih Nilai Terbaik Verifikasi Proklim
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Optimisme RW 04 Pulau Panggang Raih Penilaian Terbaik Proklim Tingkat Nasional

Warga di RW 04, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu mengusung optimisme mendapatkan penilaian terbaik setelah dikunjungi Tim Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional Tahun 2024.

Menjaga dan merawat alam

Ketua RW 04, Kelurahan Pulau Panggang, Titin mengatakan, berbagai program dan kegiatan dilakukan untuk terus menjaga, melestarikan, dan merawat lingkungan.

"Warga di sini secara aktif melakukan pengelolaan sampah, menggencarkan penanaman pohon, menghemat energi, serta aktif berkampanye dalam menjaga lingkungan baik melalui sosialisasi secara langsung maupun memanfaatkan media sosial," ujarnya, Rabu (12/6).

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sambangi Kembangan Selatan

Ia berharap, berbagai upaya yang dilakukan dan sudah menjadi rutinitas warga di RW 04, Kelurahan Pulau Panggang bisa menjadi conto bagi wilayah lain, tidak hanya di Jakarta tapi juga di Indonesia.

"Kepedulian kepada lingkungan ini kami lakukan bukan tiba-tiba karena ada lomba. Untuk itu, kami optimistis bisa mendapatkan Proklim Lestari Tahun 2024," terangnya.

Titin menyampaikan, terima kasih atas sinergisitas seluruh jajaran terkait di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang senantiasa mendukung kegiatan masyarakat di RW 04.

"Menjaga dan merawat alam ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ungkapnya.

Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo menuturkan, penilaian dilakukan Tim Verifikasi Lapangan Proklim dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI bersama Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta.

"Lomba ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan menunjukkan komitmennya serta keberlanjutan alam bagi generasi  mendatang," bebernya.

Endro optimistis, RW 04, Kelurahan Pulau Panggang bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan meraih Proklim Lestari Tingkat Nasional tahun ini.

"Saya melihat di RW 04 ini semua kegiatan pemberdayaan bukan hanya adanya lomba, tetapi menjadi aktivitas rutin masyarakatnya dalam memberikan yang terbaik untuk lingkungan," ucapnya.

Endro juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Proklim dari Kementerian LHK RI di Kelurahan Pulau Panggang.

"Tim bisa melihat langsung fakta di lapangan secara riil semua yang sudah dilakukan dan ada di sini," paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Proklim Lestari Kementerian LHK RI, Sugiatmo menambahkan, kunjungan ini sekaligus sebagai motivasi kepada warga di RW 04, Kelurahan Pulau Panggang, agar terus peduli terhadap dampak perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata.

"RW 04, Kelurahan Pulau Panggang masuk satu dari 35 nominasi Proklim Lestari dari 12 provinsi di Indonesia. Saya harap kegiatan ini tidak sampai di sini, namun dapat menjadi contoh dan motivasi untuk RW lain," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1952 personTP Moan Simanjuntak
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1228 personFolmer
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1171 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1034 personTiyo Surya Sakti
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye950 personTiyo Surya Sakti