You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Subankesbangpol Jaksel Gelar Peningkatan Pemahaman Ideologi
.
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

250 Pelajar di Jakut Ikuti Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa

Sebanyak 250 pelajar mengikuti kegiatan Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa yang diadakan Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Selatan.

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara 

Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murthadho mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang memiliki tujuan membangun karakter anak bangsa agar berjiwa Pancasila.

"Kita berharap Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara bisa tertanam dengan baik dalam diri pelajar. Sehingga, perilaku dan pemikiran negatif dapat dijauhkan dari mereka," ujarnya, di Ruang Nusantara, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (13/6). 

Peserta Didik SMPN 73 Antusias Ikuti Festival Budaya Nusantara

Ali menuturkan,  jika mengambil perspektif pemikiran generasi muda, Pancasila pasti akan dilihat dari nilai guna dan manfaatnya bagi kehidupan.

"Aktualisasi Pancasila jelas membutuhkan cara-cara dan metode berbeda agar mudah tersampaikan," terangnya.

Menurutnya, secara lini waktu, generasi milenial dan generasi z akan menduduki posisi kepemimpinan pada saat Indonesia Emas di tahun 2045, sekaligus menjadi pilar kebangkitan bangsa seiring bonus demografi tahun 2030.

"Kita harus optimistis generasi muda ke depan dapat menjalankan dan menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara seperti halnya telah dicontohkan oleh leluhur dan para pemimpin bangsa," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Selatan, Dirhamul Nugraha menjelaskan, pendidikan Pancasila sangat penting bagi generasi muda. Tidak hanya untuk mengajarkan anak-anak muda, kegiatan ini juga untuk membuat mereka patuh dan taat kepada negara, serta dapat menerapkan toleransi dan kemandirian.

"Hari ini ini ada 50 pelajar SMA dan sederajat di Jakarta Selatan yang mengikuti kegiatan ini secara offline dan 200 lainnya online," katanya. 

Ia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai akhir, sehingga ilmu mengenaikan pemahaman ideologi bangsa dan Pancasila dapat mereka sebarluaskan kepada teman-teman mereka di sekolah maupun di rumah. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan menyukseskan acara ini. Semoga generasi penerus kita menjadi generasi yang lebih baik dari kita," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1209 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1085 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1030 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye779 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye765 personBudhi Firmansyah Surapati