You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
UPK PBB Setu Babakan Siap Meriahkan HUT Ke-497 Jakarta Besok
....
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

UPK PBB Setu Babakan Siap Meriahkan HUT Jakarta

Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan akan menyelenggarakan kegiatan Gebyar Seni Budaya Setu Babakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta.

"kita siap menyemarakkan HUT ke-497 Jakarta"

Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk memastikan perayaan ini menjadi momen yang istimewa bagi masyarakat Jakarta, khususnya dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi.

Kegiatan Gebyar Seni Budaya Setu Babakan akan dibuka dengan pameran Mengikat Warna Menjalin Makna- Pakaian Betawi dari Masa ke Masa. Pameran ini mengusung tema "Pakaian Betawi" yang merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia serta menjadi cerminan jati diri kelompok masyarakat Etnis Betawi.

Kesbangpol - BNNP Ajak Warga Perangi Penyalahgunaan Narkotika

Pelaksana tugas (Plt) Kepala UPK PBB Setu Babakan Rusmantoro menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai acara khusus dan pertunjukan budaya dalam perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta.

"Para penampil prioritas utamanya dari masyarakat setempat," ujarnya, Jumat (21/6). 

Rusmantoro menuturkan, sebagai bentuk komitmen memberdayakan komunitas lokal, pihaknya akan melibatkan komunitas dan seniman lokal. 

"Acara ini juga menginformasikan dalam konteks perlindungan, pelestarian dan perkembangan kearifan lokal Jakarta," katanya. 

Menurutnya, perayaan HUT Jakarta juga dapat membantu melestarikan budaya Betawi di tengah gempuran modernisasi. Sebagai kota megapolitan Jakarta merupakan salah satu pusat perhatian masyarakat luas. Sehingga dengan terinformasinya kearifan lokal, maka secara tidak langsung budaya Betawi akan terlestarikan.

UPK PBB Setu Babakan juga bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah seperti Suku Dinas Kebudayaan dan Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta sanggar dan non-sanggar untuk menyelenggarakan acara ini.

Kegiatan Gebyar Seni Budaya sendiri diadakan sejak pagi hingga malam hari dengan diisi berbagai macam pergelaran seni seperti tari Betawi, musik keroncong, gambang kromong, lenong vetawi dan juga drama tari.

Rusmantoro berharap, PBB Setu Babakan dapat melayani masyarakat luas sebagai salah satu pusat informasi dan kreasi kearifan lokal Jakarta sesuai amanah yang diterima serta sejalan dengan kemajuan zaman.

"Dengan persiapan yang matang dan dukungan, kita siap menyemarakkan HUT ke-497 Jakarta sekaligus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Betawi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2072 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1185 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1054 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye775 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye767 personAldi Geri Lumban Tobing