You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kampung Siaga TBC di Johar Baru Prioritaskan Empat Wilayah RW
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Kampung Siaga TBC di Johar Baru Prioritaskan Empat Wilayah RW

Puskesmas Kecamatan Johar, Selasa (25/6),  mendeklarasikan pencanangan Kampung Siaga TBC  di RPTRA Pulo Gandul,  RT 05/13, Kelurahan Tanah Tinggi. Direncanakan, empat RW di Kecamatan Johar Baru akan jadi wilayah prioritas awal Kampung Siaga TBC ini.

P emangku jabatan dan masyarakat memiliki komitmen yang kuat menuntaskan kasus TBC 

Kapala Bagian Tata Usaha Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Melda Agustina mengatakan, peluncuran Kampung Siaga TBC ini menindaklanjuti surat edaran Wali Kota Jakarta Pusat. Kegiatan bertujuan menuntaskan kasus tuberkulosis di empat kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Johar Baru.

"Kami sangat senang karena antara pemangku jabatan dan masyarakat memiliki komitmen yang kuat menuntaskan kasus TBC di Johar Baru," katanya.

Canangkan Kampung Siaga TBC, Pj Gubernur Heru Harapkan Kesadaran Bersama dalam Tanggulangi TBC

Dijelaskan Melda, jumlah penderita TBC di seluruh wilayah Kecamatan Johar Baru mulai Januari hingga Mei 2024 ini tercatat ada 1.405 kasus dengan angka temuan baru sebanyak 108 kasus.

Secara teknis, ungkap Melda, gerakan Kampung Siaga TBC akan melibatkan petugas kesehatan, kader TBC dan lintas sektor melakukan penanganan. Tidak hanya melakukan penanganan medis, gerakan juga akan melakukan pendataan, kampanye dan edukasi pengentasan TBC di masyarakat.

Sebagai tahap awal, kegiatan Kampung Siaga TBC akan diprioritaskan ke RW 09 Kelurahan Tanah Tinggi, RW 01 Kelurahan Johar Baru, RW 02 Kelurahan Kampung Rawa, dan RW 05 Kelurahan Galur. Nantinya, kegiatan juga akan dilombakan.

"Jadi dari 4 RW itu juga kita lombakan mana penanganan yang terbaik. Rencananya lomba dilaksanakan Oktober nanti," ujarnya.

Sekretaris Lurah Galur, Nurpandi menambahkan, karakteristik  wilayah Kecamatan Johar Baru mayoritas  merupakan kawasan padat penduduk. Bahkan, ada sejumlah rumah warga sampai tidak memiliki akses pencahayaan matahari dengan sanitasi lingkungan yang kurang memadai.

Karena itu, Ia sangat mengapresiasi pencanangan Kampung Siaga TBC untuk mengatasi permasalahan penyakit tuberkulosis di wilayahnya.

"Harapan kami dengan adanya Kampung Siaga, wilayah kami bebas dari kasus TBC," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1013 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye948 personAldi Geri Lumban Tobing