You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 103 Balita di Kelurahan Cipedak Diperiksa Kesehatannya
....
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

Kelurahan Cipedak Adakan Intervensi Pencegahan Stunting

Kelurahan Cipedak menggelar Intervensi Pencegahan Stunting dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada 103 anak di Posyandu Pepaya yang berada di RPTRA Gemilang, Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam penanganan stunting, kita juga sudah berkolaborasi dengan beberapa stakeholders

Lurah Cipedak, Fathien Tajul Anwar mengatakan, intervensi dilakukan secara serentak dan terukur ini agar bisa lebih cepat mendeteksi dini jika ada balita yang bermasalah gizi.

"103 balita yang kita periksa kesehatan dan tumbuh kembangnya merupakan balita dari warga RT 08, 09, dan 10 RW 04," ujar Fathien, Selasa (25/6).

Ratusan Warga Ikuti Gebyar Posyandu di Kembangan Utara

Fathien menjelaskan, adapun intervensi pencegahan stunting dilakukan dengan penimbangan berat badan, dan pengukuran tinggi badan balita yang dilakukan petugas Puskesmas Kecamatan Jagakarsa.

Selain melakukan pengecekan kesehatan, lanjut Fathien, petugas kesehatan juga melakukan penyuluhan tentang kesehatan Gigi balita, serta kemudian pemberian makanan tambahan berupa macaroni schotel ayam oleh kader Posyandu.

"Dalam penanganan stunting, kita juga sudah berkolaborasi dengan beberapa stakeholders dan tokoh masyarakat seperti dengan Sudin PPAPP, PKK, Puskesmas, dan beberapa CSR termasuk untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di Posyandu," ucapnya.

Ditambahkan Fathien, dalam pencegahan stunting pihaknya juga melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan membentuk Kelompok Peduli Gizi (KPG) di seluruh RW, yang mana KPG ini sangat efektif dalam menangani kasus stunting, karena intervensinya langsung ke sasaran dan melibatkan seluruh stakeholder dan tokoh masyarakat secara kolaborasi.

“Kita upayakan segalanya untuk menciptakan khususnya Kelurahan Cipedak zero stunting," katanya.

Sementara, salah satu orang tua balita, Lia Aprilia (34) mengatakan, balitanya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu. Sebab, jika tidak diperiksa secara rutin, ia takut balitanya akan terkena penyakit yang ia tidak ketahui.

“Kita sering khawatirkan terhadap kondisi anak, jadi saya pasti rutin periksa kesehatan di Posyandu dan kalau sakit sedikit saya pasti bawa ke Puskesmas saja," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati