You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Yuk Hadiri Festival Seni dan Bazar di LPPI Kemang
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Yuk Hadiri Festival Seni dan Bazar di LPPI Kemang

Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar Festival Seni dan Bazar (FSB) di Gedung Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Kemang, Jakarta Selatan 27 sampai 30 Juni 2024.

sarana mengangkat nama Indonesia dan memperkenalkannya secara luas

Acara ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta, Hari Anak Nasional serta menyambut Hari Kebaya Nasional.

Acara yang menampilkan keanekaragaman seni budaya Nusantara serta produk UMKM ini dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Hendri Wardhana.

Disbud Gelar Festival Teater Tradisional Tahun 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi gelaran Festival Seni dan Bazar ini. Ia mengatakan, kegiatan yang digelar setiap tahun ini dapat menjadi ajang memperkenalkan seni dan budaya sekaligus mendukung pelestarian budaya bangsa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana mengangkat nama Indonesia dan memperkenalkannya secara luas. Kegiatan serupa harus sering diadakan dengan menggerakan komunitas yang ada di Indonesia. Dengan demikian MSI dapat menjadi penggerak seni dan budaya,” ujar Sandiaga, Kamis (27/6).

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia, Sari Ramdani mengatakan, kegiatan ini merupakan ketiga kalinya diadakan yang menampilkan berbagai kesenian Nusantara mulai dari musik tradisional kolintang, angklung bahkan maestro kolintang. Acara ini juga diramaikan dan bincang-bincang mengenai seni dan budaya dengan narasumber yang kompeten.

Ia menjelaskan, berbagai inovasi dan kreativitas yang dihasilkan pelaku industri kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya, salah satunya melalui pameran dan bazar tersebut. Diharapkan, FSB dapat mendorong pelaku ekonomi kreatif bersinergi dengan pelaku budaya.

“Seni bersifat universal. Karya seni dapat dinikmati oleh siapa saja tidak bergantung RAS, bahasa, negara dan juga perbedaan. Melalui seni dan budaya kita bisa dipersatukan,” kata Sari.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana menyampaikan, festival yang diikuti 80 UMKM ini juga menampilkan karya kreatif anggota MSI dalam bidang seni kerajinan hingga kuliner. Selain itu, juga digelar talkshow yang mengundang para ahli di bidangnya.

Penggiat Budaya, Iwan Ramadhan juga akan tampil dalam bincang-bincang memaknai Indonesia melalui karya seni.

“Festival Seni dan Budaya 2024 yang berlangsung empat hari, mengangkat Budaya Betawi yang dimeriahkan Gambang Kromong pada hari pertama dan Budaya Jawa, Sulawesi Selatan serta budaya Nusantara lainnya di hari berikutnya,” kata Iwan.

Festival Seni dan Bazar MSI juga mengajak anak-anak penyandang disabilitas down syndrome untuk berpartisipasi dalam kegiatan berkesenian. Sebanyak 50 anak anak tersebut akan memainkan angklung, bernyanyi dan menari ondel-ondel bertujuan menyatukan mereka dengan seni.

“Dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional, MSI juga siap menyambut kegiatan tersebut dengan mengadakan talkshow dengan Pengurus Kowani serta melakukan Parade Kebaya yang semua dilakukan dalam FSB 2024 ini,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye801 personAldi Geri Lumban Tobing