You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tim Catur Indonesia Pastikan Juara Umum ASEAN University Games 2024
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Tim Catur Indonesia Sabet Juara Umum ASEAN University Games 2024

Tim Catur Mahasiswa Indonesia berhasil menyabet gelar juara umum dalam ajang ASEAN University Games 2024 yang digelar di Kota Malang dan Surabaya, Jawa Timur, 25 Juni hingga 7 Juli 2024. Mereka berhasil meraih 8 medali emas, 6 perak dan satu perunggu.

Kita terus meningkatkan kualitas dan menciptakan pecatur andal  

Manager Tim Catur Indonesia, Firmansyah Wahid mengatakan, hasil ini diraih berkat kerja sama yang terjalin dengan baik dalam tim. Bahkan, pecatur Indonesia mampu mencetak quatrick dengan merebut empat medali emas terakhir pada nomor catur standar.

"Pada nomor catur standar atau klasik ini menggunakan sistem pertandingan Swiss tujuh babak. Setiap babak selesai dalam waktu sekitar empat jam," kata Firman, Jumat (6/7).

DKI Juara Umum Cabor Catur di POMNas XVIII

Firman mengungkapkan, pada nomor catur standar perorangan putra, sebenarnya Tim Mahasiswa Indonesia menguasai seluruh medali. Namun, karena peraturan pertandingan yang ditetapkan ASEAN University Sports Council (AUSC) hanya memperbolehkan satu negara peserta memperoleh maksimal dua medali di satu nomor pertandingan. Sehingga, medali perunggu pada cabang ini diberikan ke peringkat berikutnya.

Dalam nomor catur standar atau klasik perorangan pria ini, medali emas diraih IM Azarya Jodi Setyaki dari Universitas Gajah Mada, medali perak disabet CM Dziththauly Ramadhan dari Universitas Gunadarma, dan perunggu  IM Gilbert Elroy Tarigan dari Universitas Gunadarma.

Dengan ‘penguasaan’ di nomor catur standar perorangan putra, Tim Indonesia juga merebut medali emas di nomor beregu. Medali perak diraih Tim Malaysia dan medali perunggu direbut Tim Singapura.

Pada nomor catur standar perorangan Putri,  medali emas direbut oleh WIM Laysa Latifah dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Juara 2 (medali perak) diambil  WIM Bach Ngoc Thuy Duong (Vietnam) dan Juara 3 (medali perunggu) dicapai WIM Azhar Puteri Munajjah Az-Zahraa dari Malaysia.

Tim Catur Mahasiswi Indonesia juga sukses merebut medali emas untuk nomor catur standar beregu, dengan menundukkan tim Vietnam dalam pengumpulan nilai.  

"Melalui kerja sama tim yang baik, pecatur-pecatur putri Indonesia mengumpulkan jumlah poin yang signifikan," jelasnya.

Dilanjutkan Firmansyah, regenerasi atlet catur di lingkungan kampus terus mengalami peningkatan dan relatif merata di berbagai perguruan tinggi. Karena itu, Ia optimistis cabang olahraga catur akan terus menghasilkan atlet berkualitas.

Menurut Firmansyah, kemenangan yang diraih Tim Catur Indonesia merupakan hasil nyata dari proses pelatihan terukur dan bekelanjutan. Ke depan, Tim Catur Indonesia akan terus meningkatkan kualitas untuk menghadapi pertandingan event olahraga lainnya.

"Mempertahankan gelar juara tdak mudah. Ke depan, kita terus meningkatkan kualitas dan berusaha menciptakan pecatur-pecatur andal yang siap terjun di arena mana pun," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye826 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati