You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
14 BUMD DKI telah Ikuti Bimtek Peningkatan PPID Menuju e-Monev 2024
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

14 BUMD DKI Telah Ikut Bimtek Peningkatan PPID Menuju e-Monev 2024

Sebanyak 14 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang peningkatan tata kelola layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kegiatan ini diinisiasi Komisi Informasi dan Badan Pembinaan BUMD (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Kamis (4/7) kemarin.

A gar Badan Publik BUMD dapat meningkat jadi informatif dan mendapat kepercayaan publik

Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Nasrudin Joko Surono mengatakan, pihaknya sangat mendukung komitmen keterbukaan informasi di setiap BUMD. Dia juga mendorong agar setiap BUMD bebenah dan meningkatkan tata kelola layanan informasi, sesuai core bisnisnya.

“Sampaikan data milik publik, akomodir kepentingan masyarakat dan libatkan dalam kebijakan pembangunan bagi kemajuan DKI Jakarta," katanya, melalui rilis yang diterima redaksi beritajakarta.id, Jumat (5/7).

10 Informan Ahli Indeks KIP DKI Telah Ikut Bimtek Aplikasi E-KIP

Nasrudin menegaskan, tidak semua informasi harus disampaikan ke publik. Sesuai regulasi, juga ada berbagai informasi yang perlu dibatasi dan dikecualikan untuk disebarluaskan ke publik.

Sekretaris Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Fitria Ramadiani menjelaskan, Bimtek ini menjadi kesempatan saling berbagi isu spesifik serta implementatif apa pun yang dialami langsung BUMD.

Ia berharap, sebagian besar BUMD meningkatkan performa tata kelola layanan informasi publik bagi seluruh PPID BUMD sehingga meraih kriteria BUMD ‘informatif’.

"Sebagai lembaga badan publik, Bimtek ini jadi pelajaran berharga bagi BUMD memahami keterbukaan informasi publik agar Badan Publik BUMD dapat meningkat jadi informatif dan mendapat kepercayaan publik," ujarnya.

Dijelaskan Fitria, sesi dialog dalam kegiatan Bimtek berlangsung dua arah. Diharapkannya ada tindak lanjut sesuai BUMD masing-masing dari kesimpulan dialog tersebut.

Sebagai informasi, sesuai hasil E-Monev tahun 2023, dari 15 BUMD terdapat 1 BUMD Menuju Informatif, 3 BUMD Kurang Informatif, dan 10 BUMD Tidak Informatif, 2 BUMD diantaranya tidak berpartisipasi mengikuti E Monev.

Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat mengutarakan, e-Monev badan publik yang akan berjalan dalam waktu dekat bukan kompetisi atau ajang perlombaan. Dalam prosesnya pun akan menjaga indepedensi sesuai koridor yang semestinya.

“Monev dalam rangka menjaga kepatuhan badan publik,"tukasnya.

Lebih Ianjut Harry mengakui, BUMD DKI Jakarta memiliki SDM yang mumpuni. Lantaran itu, Ia yakin mereka dapat meningkatkan tata kelola PPID sehingga kualifikasi informatif akan tercapai.

Ia berharap, para wakil BUMD yang menjadi peserta dalam Bimtek ini untuk menyampaikan kepada pimpinan agar fokus bebenah agar lebih baik dan informatif.

"Jika dikelola dengan baik, informasi publik akan berdampak kepercayaan publik pada BUMD semakin meningkat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1750 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1640 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1075 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye952 personFolmer
  5. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye830 personTiyo Surya Sakti