You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tekan Harga Daging Sapi, Ahok Janji Gelar Operasi Pasar
.
photo doc - Beritajakarta.id

Tekan Harga, DKI akan Jual Daging Rp 85 Ribu

Untuk menekan harga daging daging sapi yang makin melambung, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar operasi pasar (OP) daging sapi. Saat ini harga daging sapi diketahui sudah menembus angka Rp 120 ribu per kilogram. Harga ini sama seperti sebelum  Lebaran.

Kami sudah siapkan (daging sapi) sekitar Rp 85 ribu per kilogram

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, OP daging akan dilakukan oleh PD Dharma Jaya dan PD Pasar Jaya. Harga daging yang akan dijual pada operasi pasar ini dibawah harga pasar, yakni senilai RP 85 ribu per kilogram.

"Kami sudah siapkan (daging sapi) sekitar Rp 85 ribu per kilogram. Jujur saja, stoknya memang sedang kami siapin," kata Ahok di Balaikota, Senin (10/8). 

Pedagang Mogok, DKI akan Gelar OP Daging

Menurut Ahok, OP daging juga dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Badan Urusan Logistik (Bulog). Sehingga diharapkan harga daging sapi bisa segera stabil.

Ahok menargetkan bisa menguasai 20-30 pasar untuk penjualan daging sapi. Tujuannya adalah untuk dapat menguasai harga pasar. "Ini macam kartel lah kita nggak bisa buktikan. Tapi kalau kita bisa masuk 20-30 persen pasar, tahun depan akan makin baik kita," ucapnya.

Ahok mengaku pada saat Lebaran lalu, pengendalian harga daging sapi cukup berhasil. Namun harga daging sapi naik justru usai Lebaran.

"Sama seperti Lebaran kemarin kan, kita sudah habisin, tapi muncul lagi kebutuhan kita belum begitu siap," jelas Ahok.

Seperti diketahui, pedagang daging sapi di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Serang, dan kota-kota lain sepakat melakukan mogok jualan karena memprotes kebijakan pemerintah yang membatasi impor sapi.

Aksi mogok ini dilakukan mulai hari Minggu (9/8) lalu sampai Rabu (12/8) mendatang, dan tidak tertutup kemungkinan diperpanjang bila belum ada solusi dari pemerintah.

Alasan mogok karena para pedagang mengalami kerugian akibat minimnya pasokan daging yang menyebabkan harga naik dan menurunnya jumlah pembeli daging sapi. 

Sementara itu, Bulog melakukan operasi di tiga pasar di Jakarta. Bulog menjual daging sapi tersebut dengan harga antara Rp 89.000 per kilogram hingga Rp 90.000 per kilogram. Harga tersebut jauh lebih rendah dari harga rata-rata daging sapi di pasaran saat ini sebesar Rp 120.000 per kilogram - Rp 140.000 per kilogram.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati