You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 75 Grup Ikuti Lomba Seni Nuansa Religi di Jakarta Utara
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

75 Grup Ikuti Lomba Seni Nuansa Religi di Jakarta Utara

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara mengadakan Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi Tahun 2024 yang berlangsung mulai 18-24 Juli di Ruang Bimasena Gedung Aki Tirem Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Utara. Sebanyak 75 grup mengikuti lomba ini.

Budaya ini tetap dilestarikan

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Jakarta Utara, Muhammad Andri menyambut baik dan mengapresiasi Suku Dinas Kebudayaan setempat yang telah menggelar kegiatan untuk mempertahankan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian budaya religi tersebut.

"Terutama bagi para generasi muda agar budaya ini tetap dilestarikan. Dalam perkembangan zaman, nilai-nilai budaya kita semakin menurun, maka itu syiar atau kegiatan seperti ini masih perlu kita tingkatkan," ujarnya, Kamis (18/7).

Sudin Kebudayaan Jaksel Gelar Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi

Ia berharap, para peserta dapat tampil sebaik mungkin dan dapat memberikan pengaruh positif bagi lingkungan dan sekitarnya. 

"Saya ucapkan selamat berlomba, terus semangat. Nantinya, pemenang dari ajang ini akan mewakili Jakarta Utara di lomba Seni Nuansa Religi Tingkat Provinsi," ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara, Cucu Rita Sary menambahkan, kegiatan ini bertujuan memberikan wadah bagi masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai kecintaan seni dan budaya, memupuk rasa kebersamaan, serta sportivitas.

"Ada lima kategori yang dilombakan, yakni Qasidah, Hadroh, Marawis, Nasyid, dan Pop Akustik. Setiap kategorinya diikuti oleh seni pelajar, sanggar, dan majelis," ucapnya

Ia merinci, untuk lima kategori tersebut diikuti 75 peserta terdiri dari Hadrah 29 grup, Marawis 13 grup, Nasyid 13 grup, dan Pop akustik 12 grup, dan Qasidah sebanyak delapan grup.

"Bagi pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa, tropi, sertifikat, dan uang binaan," terangnya.

Rita menjelaskan, untuk hadiah uang binaan bagi Juara 1 diberikan senilai Rp 12.500.000, Juara 2 Rp 10.000.000, Juara 3 Rp 8.500.000, Harapan I Rp 7.500.000 dan Harapan II  Rp 6.500.000.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk kita semua. Para peserta dapat tampil optimal dan  membawa nama baik grupnya," tuturnya.

Sementara itu, salah seorang peserta dari Grup Qasidah Armania, Kelurahan Rorotan, Nuriyati (33) mengaku bangga bisa mengikuti lomba tersebut. Untuk menjadi juara latihan dan berbagai persiapan sudah dilakukan sebaik-baiknya.

"Tim kami ada 11 orang, setiap hari kami berlatih agar bisa tampil optimal. Kami akan menampilkan yang berbeda dari lainnya agar bisa menjadi yang terbaik," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye977 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing