You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disbud DKI - Global Peace Foundation Gelar Wisata Wara Wiri
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Disbud DKI - Global Peace Fondation Indonesia Hadirkan Wisata Rasa Wisata Religi

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta bekerja sama dengan Global Peace Foundation Indonesia menyelenggarakan Wisata Rasa Wisata Religi atau Wara Wiri.

" Peserta juga diajak berpartisipasi dalam tantangan media sosial,"

Kegiatan yang digelar untuk pertama kali ini bertujuan merayakan keberagaman melalui jelajah budaya dan rasa menuju Jakarta sebagai Kota Global.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana di halaman Gedung Dinas Kebudayaan di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

50 Peserta Ikut Destinasi Wisata Religi di Jakbar

Pada acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Regional Representatif dari Global Peace Foundation Asia Pasific, Mr Ingil Ra. Setelah acara pelepasan, peserta mengikuti serangkaian kegiatan Wara Wiri untuk mulai menjelajahi ragam wisata budaya dan religi di Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, kegiatan Wara Wiri memberikan pengalaman mendalam seputar kebudayaan dan kehidupan beragama di Jakarta.

“Peserta mengunjungi Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal, mendengarkan cerita dari pemuka agama serta terlibat dalam diskusi mengenai pentingnya toleransi dan kerukunan," ujar Iwan Henry Wardhana, dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7).

Dalam kunjungan ke Istiqlal, lanjut Iwan, peserta disambut oleh Nasarudin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal. Kemudian saat kunjungan ke Katedral peserta disambut oleh Romo Yohanes Deodatus, SJ. Peserta juga mendapat kesempatan berkeliling rumah ibadah selama kunjungan.

"Selain rumah ibadah, peserta juga mengunjungi Museum Bahari dan Museum Seni Rupa dan Keramik untuk lebih mengenal sejarah dan kebudayaan Jakarta," tuturnya.

Ia memaparkan, peserta akan diminta menulis refleksi singkat seputar pengalaman, mencerminkan pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman dan kebudayaan usai menggelar kegiatan Wara Wiri.

"Peserta juga diajak berpartisipasi dalam tantangan media sosial untuk membagikan pengalaman dan menyebarkan pesan toleransi dan kerukunan selama mengikuti kegiatan ini," paparnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta yang merupakan warga Jakarta yang memiliki latar belakang profesi dan pendidikan  beragam di antaranya  pekerja swasta dan siswa SMA/SMK dan mahasiswa.

Peserta juga menikmati wisata kuliner yang memperkenalkan makanan khas Jakarta, sehingga mereka dapat merasakan kekayaan budaya Jakarta dari berbagai aspek.

Iwan berharap kegiatan Wara Wiri ini dapat menjadi wadah bagi pemuda untuk mengembangkan ide kreatif dalam mempromosikan nilai-nilai kebaikan, kerukunan beragama, toleransi, dan saling menghormati.

"Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, diharapkan generasi muda dapat lebih memahami dan menghargai perbedaan, serta menjadi agen perubahan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1760 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1648 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1086 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye966 personFolmer
  5. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye888 personTiyo Surya Sakti