You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
BPBD Bersinergi Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Kebencanaan
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

BPBD Bersinergi Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Kebencanaan

Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBD) DKI Jakarta mendukung program GEMBIRA (Gempita Belajar Bersama) salah satunya bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) memperkuat upaya pendidikan yang ramah anak, responsif gender dan inklusif, terutama dalam situasi darurat.

"Kegiatan ini juga menambah pengetahuan,"

BPBD DKI Jakarta dan Plan Indonesia mengadakan kunjungan bersama 10 sekolah dampingan Proyek GEMBIRA ke Ruang Literasi Kebencanaan BPBD dan mobil Layanan Dukungan Psikososial (Mobil Sikeling Pentas).

Ketua Subkelompok Urusan Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BPBD DKI Jakarta, Salman Ansori mengatakan, 10 sekolah dampingan program GEMBIRA sudah mendapatkan pendampingan kesiapsiagaan bencana dari Yayasan Plan Indonesia dalam bentuk Fokus Grup Diskusi untuk mitigasi analisis risiko bencana, Pengembangan SOP kesiapsiagaan bencana, pelatihan pertolongan pertama, pelatihan dari Damkar, pelatihan simulasi kesiapsiagaan bencana.

BPBD Gelar Peningkatan Kapasitas Penanggulangan Bencana di Kemayoran

“Maka itu, dalam upaya peningkatan literasi kebencanaan siswa di 10 sekolah dampingan Proyek GEMBIRA, Plan Indonesia akan melakukan Pengembangan paket kunjungan siswa ke Ruang Literasi Bencana BPBD DKI Jakarta dan mobil Layanan Dukungan Psikososial (Mobil Sikeling Pentas),” ujar Salman, Senin (5/8).

Ia menyampaikan, tujuan kunjungan ini untuk memperkaya peningkatan pemahaman siswa dan guru tentang kebencanaan, mendapatkan edukasi kebencanaan dalam bentuk wahana yang interaktif.

“Kegiatan ini juga menambah pengetahuan tentang tata cara P3K, penanggulangan banjir, bagaimana evakuasi ketika suatu ruangan kebakaran, edukasi kepada anak-anak untuk bisa ke tempat yang lebih aman, pelatihan gempa (penyelamatan diri) dan tata cara mengevakuasi,” urainya.

Sebagai informasi, Ruang Literasi BPBD DKI Jakarta menghadirkan wahana edukasi yang disebut dengan Ruang Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Kebencanaan. Ruang ini menjadi wahana edukasi kebencanana pertama di Indonesia.

Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan salah satu pusat literasi kebencanaan di Kota Jakarta yang menjadi bentuk nyata inovasi pelayanan publik mengenai pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana. Ruang literasi sebagai sarana peningkatan pemahaman serta edukasi kebencanaan dalam bentuk wahana yang interaktif.

“Dengan pengembangan kunjungan siswa ke ruang literasi kebencanaan, diharapkan siswa dan guru semakin siap dalam menghadapi bencana dan meminimalisasi risiko bencana. Dengan kesiapsiagaan itu, diharapkan pihak sekolah menjadi sekolah yang tangguh dalam menghadapi bencana,” jelas Salman.

Selain itu, salah satu bentuk Layanan Dukungan Psikososial yang dilakukan oleh BPBD Provinsi DKI Jakarta adalah Bantuan psikologis awal.

Bantuan psikologis awal ini merupakan bentuk pertolongan pertama yang menyediakan dukungan psikososial kepada individu, keluarga, dan komunitas dengan memprioritaskan kebutuhan individual setiap penyintas.

“Bantuan psikologis awal ini diberikan sesegera mungkin setelah terjadinya kejadian traumatis. Jadi, ini seperti P3K untuk kesehatan psikologis,” ucapnya.

Dalam memberikan layanan dukungan psikososial, BPBD DKI Jakarta memiliki kendaraan operasional yang dikenal dengan Mobil Si Keling Pentas (Mobil Psikososial Keliling untuk Menghibur Penyintas).

"Ini adalah Ruang Konseling yang digunakan untuk konsultasi bagi penyintas yang membutuhkan pendampingan psikologis lanjutan. Mobil ini juga terdapat ruang hiburan yang dilengkapi dengan smart TV dan sound system yang digunakan untuk bermain dan benyanyi bersama," tandasnya.

Tak hanya itu, mobil juga dilengkapi dengan rak buku serta buku cerita anak yang dapat digunakan untuk mengajak para penyintas membaca.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1410 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1296 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1245 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1091 personFolmer