You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kompetisi Barista ‘Brew Tanding Tiga 2.2’ Memeriahkan HUT ke-79 RI di Jakarta Timur
.
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

PPKD Jakarta Timur Kembali Gelar Kompetisi Barista

Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur menyelenggarakan kompetisi barista bertajuk ‘Brew Tanding Tiga 2.2’, Rabu (21/8).

"Ini adalah cikal bakal yang akan kita kembangkan lebih lanjut,"

Kompetisi dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia ini diikuti oleh 57 barista, termasuk peserta dari kalangan penyandang disabilitas serta binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Jakarta.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati mengapresiasi inisiatif Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Dinas Nakertransgi) DKI Jakarta serta Kepala PPKD Jakarta Timur dalam menyelenggarakan acara ini.

DWP DKI Gelar Pelatihan Barista di Flona 2024

Menurutnya, kompetisi ini bukan hanya merupakan agenda pemerintah, tetapi juga kolaborasi dengan pelaku industri kopi dan komunitas barista.

“Kegiatan ini sangat relevan dengan langkah Jakarta ke depan untuk menjadi Kota Global, di mana kreativitas seperti meracik kopi akan menjadi bagian dari pengembangan ekonomi kreatif," ungkap Sri.

Ia juga menyoroti antusiasme generasi muda yang luar biasa dalam mengembangkan kreativitasnya melalui kompetisi ini. Ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan mengembangkan lomba-lomba serupa hingga tingkat provinsi.

“Sesuai dengan kebutuhan komunitas barista yang aktif sehingga menginspirasi masyarakat bahwa keahlian ini bisa membuka peluang kerja," ucapnya.

Sri menyampaikan, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sangat peduli dalam mempersiapkan masyarakat Jakarta untuk memasuki dunia kerja, baik melalui penempatan di perusahaan maupun mendorong mereka untuk berwirausaha.

"Dengan adanya pelatihan barista seperti ini, masyarakat bisa memiliki keahlian yang relevan dengan industri, termasuk peluang membuka kafe sendiri," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Hari Nugroho menjelaskan, pelatihan barista di PPKD Jakarta Timur telah menjadi salah satu program unggulan, mengingat banyaknya hotel dan industri di kawasan tersebut.

“Pelatihan ini tidak hanya membantu mereka yang menganggur mendapatkan sertifikat kompetensi, tetapi juga membuka peluang untuk berwirausaha. Banyak lulusan pelatihan yang kini bekerja di kafe atau memulai usaha sendiri," kata Hari.

Hari mengatakan, pihaknya berencana meningkatkan skala kompetisi ini ke tingkat Jakarta Open, yang memungkinkan partisipasi dari seluruh daerah di Indonesia.

“Ini adalah langkah penting untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota Global, di mana acara seperti ini dapat menjadi ajang kolaborasi nasional," kata Hari.

Ia mengutarakan kebanggaannya bahwa semua PPKD di Jakarta kini telah memiliki kejuruan barista dan bahkan sudah mendirikan kafe di masing-masing PPKD.

"Ini adalah cikal bakal yang akan kita kembangkan lebih lanjut," tandasnya.

Para juara dan peserta dalam kompetisi ini akan mendapat apresiasi sebagai berikut:

Juara 1 : Rp3.000.000, tropi, sertifikat dan suvenir

Juara 2 : Rp2.000.000, tropi, sertifikat, suvenir

Juara 1 : Rp1.000.000, tropi, sertifikat, suvenir

Peserta lainnya : sertifikat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2089 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1197 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1064 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye996 personNurito
  5. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye786 personAldi Geri Lumban Tobing