You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Atlet Woodball DKI Jakarta Siap Berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Atlet Woodball DKI Jakarta Siap Berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah, resmi melepas para atlet woodball DKI Jakarta yang akang bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Makanya harus fokus,"

Untuk pertama kalinya, woodball menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Andri menyoroti perkembangan woodball di DKI Jakarta yang semakin dikenal dan diminati. Menurutnya, woodball adalah cabang olahraga baru yang memerlukan perjuangan panjang untuk bisa dipertandingkan di PON.

Andri Yansyah Optimistis Cabor Atletik Bakal Dulang Emas untuk Kontingen PON DKI

"Harapannya, ke depan kita bisa merumuskan strategi agar woodball menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah. Ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi woodball tidak hanya di tingkat PON," ujar Andri di Hotel Pullman, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Ia menyampaikan, para atlet woodball punya kehormatan besar bisa turut andil dalam PON tersebut. Andri juga optimistis bahwa mereka dapat berlaga di ajang internasional seperti SEA Games Bangkok di Thailand pada tahun 2025 mendatang.

Insya Allah melalui PON XXI Tahun 2024 ini, ada atlet-atlet DKI Jakarta yang membawa nama baik Indonesia di SEA Games tahun depan," ucapnya.

Sebagai olahraga yang mengutamakan akurasi, woodball menuntut fokus dan ketenangan dari para atletnya.

Woodball ini adalah olahraga yang melawan diri sendiri, seperti panahan, menembak, dan golf. Makanya harus fokus," kata Andri.

Andri menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendukung karir atlet. Oleh karena itu, pelepasan atlet dilakukan dengan melibatkan orang tua sebagai bentuk apresiasi atas peran mereka dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi.

Andri juga mengingatkan, ada dua momen penting yang membuat bendera merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang, yaitu saat kunjungan Presiden ke suatu negara dan saat atlet meraih medali emas.

“Ini menunjukkan betapa besar peran seorang olahragawan dalam mempersatukan perbedaan dan mendamaikan perpecahan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya," urai Andri.

Ia menyampaikan, para atlet DKI Jakarta dapat membawa amanah dari lebih dari 10 juta warga Jakarta yang mendukung mereka, termasuk atlet woodball, untuk sukses di PON XXI Aceh-Sumut 2024 dan ajang-ajang olahraga lainnya di masa depan.

"Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Insya Allah tahun 2025 kalian bisa menjadi atlet yang membawa nama Indonesia," ucapnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Indonesia Woodball Association (IWBA) DKI Jakarta, Marulina Dewi menyampaikan, hari ini menjadi momen bersejarah bagi cabang olahraga woodball di Jakarta dan Indonesia.

Untuk pertama kalinya, woodball resmi dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON), dan DKI Jakarta berhasil mengirimkan enam atlet beserta tim pendukung yang terdiri dari pelatih, asisten pelatih, dan manajer, dengan total sembilan orang.

“Ini hari bersejarah bagi woodball Jakarta, khususnya Indonesia, karena ini tahun pertama woodball masuk sebagai cabang olahraga di PON. Jakarta berhasil mengirimkan enam atlet, satu pelatih, satu asisten pelatih, dan satu manajer untuk mengikuti empat dari tujuh nomor pertandingan yang akan digelar di PON 2024 Aceh-Sumut,” ujar Marulina Dewi.

Marulina menjelaskan, kesiapan tim DKI Jakarta tidak terlepas dari persiapan panjang yang telah dilakukan, termasuk training camp selama berbulan-bulan sepanjang tahun 2024 ini, setelah mengikuti pra PON sebelumnya. Berdasarkan penetapan dari KONI, DKI Jakarta mendapat kuota lima atlet putra dan satu atlet putri, serta tim pelatih dan manajer.

Selain training camp, tim juga menjalani serangkaian uji coba tanding persahabatan di luar negeri, yaitu di Malaysia dan Thailand, serta latihan tanding di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan ini menjadi suntikan semangat buat kita untuk berjuang menghadapi PON dan bisa menghadiahkan medali emas untuk Jakarta. Kami menargetkan dua emas," ungkap Marulina.

Ia menambahkan, DKI Jakarta akan berkompetisi di empat nomor pertandingan yakni, Single Stroke Putri, Single Stroke Putra, Tim Fairway atau grup putra, dan Ganda Putra-Putri. Marulina menyebutkan bahwa nomor unggulan tim DKI Jakarta adalah Single Stroke Putri, Single Stroke Putra, dan Tim Fairway.

“Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari berbagai pihak, kita berharap para atlet woodball DKI Jakarta dapat tampil maksimal dan membawa pulang medali emas untuk ibu kota di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati