You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perkenalkan Budaya Betawi, PTRI Janewa Sukses Gelar Resepsi Diplomatik
....
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

Pentas Budaya Betawi di Jenewa Disambut Antusias

Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa) dengan sukses menyelenggarakan Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Diikuti 500 peserta 

Mengusung tema "Joy of Jakarta: Colorful Kampong" acara ini memperkenalkan kekayaan budaya Betawi sebagai wujud penghormatan dan pelestarian budaya asli Jakarta.

Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Febrian A Ruddyard mengatakan, selain sebagai ajang promosi terpadu Indonesia, melalui rangkaian acara diharapkan kerjasama baik antara PTRI dengan berbagai pemangku kepentingan di Jenewa untuk mendukung kepemimpinan Indonesia di isu-isu multilateral juga semakin meningkat. 

DKI Promosikan Wisata Jakarta Melalui Business Matching di New York

"Acara ini diikuti 500 peserta dari kalangan diplomatik, organisasi internasional seperti Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU), Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), serta masyarakat Indonesia yang berada di Jenewa," ujarnya, Minggu (8/9). 

Febrian menjelaskan, pentingnya pelestarian budaya tradisional sebagai identitas bangsa yang harus terus dipromosikan di kancah internasional. 

"Meskipun Jakarta kelak tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia, Jakarta akan tetap menjadi melting pot tempat berbaurnya sejarah dan budaya Indonesia yang secara tidak langsung berperan sebagai ibu kota multilateral Indonesia," ucapnya.

Melalui acara ini, imbuh Febrian, dirinya ingin menunjukkan betapa kayanya warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Nilai-nilai luhur persatuan dalam keberagaman dan kolaborasi merupakan prinsip yang mewarnai peran penting Indonesia di forum internasional. 

Menurutnya, sebagai manifestasi dari kekayaan budaya Indonesia, Resepsi Diplomatik ini tidak hanya menyajikan kuliner khas Indonesia, tetapi juga menampilkan berbagai kesenian tradisional.

"Wisma Duta Besar kami sulap menjadi miniatur Jakarta dengan semarak warna warni dekorasi yang menonjolkan patung Ondel-ondel dan busana pengantin tradisional Betawi," ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dibuka dengan penampilan dinamis tarian Ndelondel yang memukau para hadirin, dibawakan para pemuda dan pemudi tim seni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pada akhir acara hadirin juga bersama menari Nandak Betawi bersama Abang None Jakarta," ucapnya.

Febrian menuturkan, para tamu undangan juga disuguhi lezatnya berbagai jenis hidangan kuliner khas Betawi, seperti nasi uduk, soto betawi, asinan betawi, bir pletok, dan es selendang mayang, yang memberikan pengalaman kuliner autentik kepada seluruh tamu.

Acara ini juga menjadi ajang promosi terpadu produk Indonesia untuk Pasar Swiss seperti mie instan, kopi, teh, bumbu masak, Batik Gobang dan berbagai produk lainnya, termasuk produk dari pelaku UMKM binaan Bank Indonesia dan produk cerutu Jepara.

Kemudian, Resepsi Diplomatik ini menjadi ajang bagi Indonesia untuk mempererat hubungan dengan komunitas internasional, termasuk perwakilan dari berbagai negara, kantor PBB, dan sekitar 40 organisasi internasional yang berbasis di Jenewa. 

"Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk memperdalam pemahaman antarbudaya dan memperkuat persahabatan di antara bangsa-bangsa. Acara sukses terselenggara atas dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berbagai pihak lainnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2654 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2279 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1890 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1855 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1234 personAnita Karyati