You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Penerima DTKJ Award 2024
.
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

Ini Penerima DTKJ Award 2024

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menyelenggarakan DTKJ Award 2024 dengan mengusung tema "Transportasi Terintegrasi yang Inklusif dan Berkelanjutan untuk Jakarta Kota Global".

Tr ansportasi Jakarta yang inklusif

DTKJ Awards merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Acara yang sudah berlangsung sejak 2020 ini menjadi ajang apresiasi dan evaluasi untuk pihak pemangku kepentingan terkait (stakeholders) transportasi maupun non transportasi yang mampu menyediakan sarana dan prasarana ramah disabilitas.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Haris Muhammadun mengatakan, pentingnya Jakarta untuk berbenah menuju transportasi ramah disabilitas dalam rangka mewujudkan Jakarta kota global.

Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

"Ketika Jakarta kota global itu menjadi salah satu transformasi yang harus dilakukan karena mau tidak mau ketika ibu kota negara pindah ke IKN, maka Jakarta harus berbenah. Jika layanan disabilitas itu terlayani, maka yang lainnya secara umum pasti terlayani juga dengan baik," ujarnya, Kamis (19/9).

Haris menyebut, layanan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas harus dipersiapkan secara matang karena banyak detail-detail yang harus disediakan. Mulai dari kemiringan datarannya untuk berjalan, lift hingga ruang tenang.

"Kalau kita bicara range, kita sudah diangkat delapan. Kalau dibandingkan masih kota-kota yang Indonesia, kita nomor satu. Tapi kalau angka, kita diangkat delapan dari sepuluh," terangnya.

Menurutnya, hampir seluruh transportasi umum di Jakarta sudah memperhatikan layanan ramah disabilitas, baik itu LRT Jakarta, MRT Jakarta, ataupun Transjakarta.

"Sekarang ini kan disabilitas itu sudah mendapatkan tempat yang sama di fasilitas publik kita. Kita coba lakukan semuanya" bebernya.

Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga sudah meluncurkan fasilitas Digital Intelligent Assistant (DINA) atau Layanan Cerdas Ramah Disabilitas yang ditempatkan di stasiun.  

DINA menjadi komunikasi dua arah yang dapat menghubungkan antara pengguna dengan petugas di Stasiun MRT Jakarta dalam bentuk audio maupun visual serta dilengkapi dengan fitur pesan tertulis.

"Kemudian, MRT Jakarta malah lebih jauh lagi, dia sudah lakukan dina disabilitas untuk informasi secara dini sehingga teman-teman yang butuh layanan disabilitas itu bisa menghubungi melalui aplikasi itu lalu mendapatkan prioritas khusus," bebernya

Ia menambahkan, DTKJ juga terus mendorong transportasi di Jakarta menyediakan ruang tenang untuk disabilitas mental.

"Ruang tenang untuk teman-teman disabilitas ini akan kita lakukan penyediaannya, yaitu pada fasilitas-fasilitas yang sekarang lagi konstruksi. Kalau yang belum kan memang belum, tapi kita akan upayakan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo turut mengapresiasi acara DTKJ Awards 2024 ini.

Syafrin menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berkomitmen membangun transportasi yang dapat diterima oleh seluruh elemen masyarakat.

"Kita terus berusaha untuk membangun transportasi Jakarta yang inklusif artinya semua elemen masyarakat itu bisa mengaksesnya, transportasi dengan mudah," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati; Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, sejumlah Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bidang transportasi.

Untuk diketahui, berikut adalah penerima DTKJ Awards 2024.

Kategori Operator Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Transportasi Ramah Disabilitas, Lansia,

Ibu Hamil dan Anak

1. PT LRT Jakarta (Platinum)

2. PT MRT Jakarta (Gold)

3. LRT Jabodebek (Silver)

Kategori Operator dengan Pengguna Disabilitas Terbanyak

1. PT Transportasi Jakarta (Platinum)

2. PT Kereta Commuter Indonesia (Gold)

3. PT MRT Jakarta (Silver)

Kategori Operator Terkreatif dalam Pelayanan Disabilitas

1. PT Transportasi Jakarta (Platinum)

2. PT MRT Jakarta (Gold)

3. PT Kereta Commuter Indonesia (Silver)

Kategori Operator dengan Kelembagaan Terakomodatif dalam Pelayanan Disabilitas

1. PT Transportasi Jakarta (Platinum)

2. PT MRT Jakarta (Gold)

3. LRT Jabodebek (Silver)

Kategori Petugas Pria Terbaik dalam Pelayanan Disabilitas

1. PT LRT Jakarta

Kategori Petugas Wanita Terbaik dalam Pelayanan Disabilitas

1. PT MRT Jakarta

Kategori Fasilitas Integrasi Moda Teramah Disabilitas

1. PT Transportasi Jakarta (CSW)

2. Angkasa Pura (Terminal 3)

3. KCIC (Halim)

Kategori Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum Publik

1. PT Grab Teknologi Indonesia (Platinum)

2. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Gold)

Kategori Kota Administratif yang Melaksanakan Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak

Penyandang Disabilitas di Bidang Transportasi Publik

1. Wali Kota Jakarta Selatan (Platinum)

2. Wali Kota Jakarta Utara (Gold)

3. Wali Kota Jakarta Timur (Silver)

Kategori Kawasan Komersial atau Gedung yang Menyediakan Fasilitas Terbaik untuk Mendukung

Integrasi Angkutan Umum Moda Transportasi Aktif, Mobilitas untuk Penyandang Disabilitas

1. Blok M Plaza - MRT (Platinum)

2. Mall Kelapa Gading Summarecon - LRT Jakarta (Gold)

3. Poins Square - MRT (Silver)

Kategori Operator Bus Kota Besar Terbaik (dalam pengelolaan PT Transportasi Jakarta)

1. Perum Damri (Platinum)

2. PT Mayasari Bakti (Gold)

3. Bianglala (Silver)

Kategori Operator Bus Kota Sedang Terbaik (dalam pengelolaan PT Transportasi Jakarta)

1. Jewa Dian Mitra (Platinum)

2. Metro Trans Baru (Gold)

3. Koantas Bima (Silver)

Kategori Operator Bus Kota Kecil Terbaik (dalam pengelolaan PT Transportasi Jakarta)

1. Budi Luhur (Platinum)

2. Budi Luhur Koperasi Wahana Kalpika (Gold)

3. Puskopau (Silver)

Kategori Operator Angkutan Umum Terfavorit Masyarakat

1. PT Transportasi Jakarta

Kategori Aplikator Online Terfavorit Masyarakat PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

Kategori Aplikasi Pembayaran Tiket Transportasi Umum Terfavorit Masyarakat

1. PT Jaklingko Indonesia

Kategori Operator Bus Besar Terfavorit Masyarakat dalam Pengelolaan TransJakarta

1. Mayasari Bakti

Kategori Operator Bus Sedang Terfavorit Masyarakat dalam Pengelolaan Transjakarta

1. Jewa Dian Mitra

Kategori Operator Bus Kecil Terfavorit Masyarakat dalam Pengelolaan TransJakarta

Koperasi Wahana Kalpika

Kategori Karoseri dengan Program Keselamatan Terbaik

1. Karoseri Laksana

Kategori Operator Penyedia Prasarana dan Sarana Terbaik untuk Transportasi Antarkota

1. PT Kereta Api Indonesia

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1412 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1307 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1247 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1147 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1093 personFolmer