You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembukaan, Peparnas XVII, 2024, Solo
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Jokowi Resmikan Pembukaan Peparnas XVII di Solo

"Peparnas bukan hanya ajang melahirkan atlet-atlet potensial,"

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Stadion Manahan di Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (6/10) malam. 

Kadispora Semangati 167 Atlet Peparnas DKI Jakarta

Tercatat ada 20 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan hingga 13 Oktober mendatang dan diikuti 4.625 atlet dan ofisial dari 35 provinsi.

Seremonial Peparnas XVII ini dihibur dengan penampilan grup band legendaris, God Bless. Sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) turut hadir di Stadion Manahan. Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Dito Ariotedjo, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo,  Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto,  Ibu negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pembukaan Peparnas XVII juga diwarnai dengan parade defile dari peserta lomba yang berasal dari 35 provinsi, termasuk DKI Jakarta yang mengirim 167 atlet terbaiknya. Setiap Kontingen dikawal Paskibraka yang membawa bendera daerah masing-masing dan pendamping yang mengenakan busana adatnya. Pembukaan Peparnas juga ditandai dengan penyalaan api obor dari salah  satu atlet disabilitas.

Jokowi mengatakan, sejauh ini Indonesia sudah tiga kali berturut-turut meraih juara internasional dalam Paralimpic tingkat internasional, terdiri dari Asean Paragames 2017, 2022 dan 2023. Karena itu seluruh bangsa Indonesia diajak ikut menyukseskan Peparnas XVII di Solo.

"Peparnas bukan hanya ajang melahirkan atlet-atlet potensial dan pemecah rekor. Namun juga sebagai panggung kesetaraan bagi para seluruh atlet disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," ujarnya.

Ketua Panitia Besar (PB) Peparnas 2024, DB Susanto menjelaskan, persiapan perhelatan ajang ini sudah sangat maksimal. Pihaknya berharap seluruh rangkaian acara, mulai dari pembukaan hingga pelaksanaan Peparnas yang akan berlangsung hingga 13 Oktober mendatang dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kami mewakili Panitia Besar Peparnas XVII 2024 mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan berdoa. Rangkaian persiapan pembukaan dan persiapan saat ini juga sudah selesai," katanya 

Susanto berjanji akan bekerja keras untuk  memposisikan disabilitas sama dengan olahraga umum lainnya. Di ajang Peparnas ini ada 680 nomor pertandingan.dan 20 cabor yang dipertandingkan. Rinciannya Para Panahan, Boccia, Para Atletik, Para Catur, Para Balap Sepeda Para Bulu Tangkis, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy) Para Tenis Meja.

Kemudian, Para Menembak, Para Renang, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda, Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Taekwondo, Voli Duduk,dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain adalah, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2403 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Satu Unit Bus Sekolah Bantu Layani Antar Jemput Atlet Peparnas Solo

    access_time08-10-2024 remove_red_eye1300 personNurito
  3. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1151 personTP Moan Simanjuntak
  4. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1115 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1066 personAldi Geri Lumban Tobing