You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bangun Tramtibum Sejak Dini, Pemprov DKI Jakarta Kukuhkan Seribu Prabu Jakarta 2024
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Sekda Joko Tekankan Pentingnya Etika, Tata Krama dan Disiplin Sejak Dini

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta kembali mengukuhkan seribu Pelajar Duta Tramtibum (Prabu) Jakarta 2024, pada 16-17 Oktober 2024 di Auditorium Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta Pusat.

"Kemudian para anggota Prabu juga akan turut serta menjaga ketertiban,"

Pelajar yang dikukuhkan menjadi Prabu Jakarta 2024 berasal dari 40 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DKI Jakarta. Pada hari pertama kemarin, Rabu (16/10), Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko hadir untuk mengukuhkan 500 Prabu Jakarta dari 20 SMA/SMK. Sementara hari ini, Kamis (17/10), Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono turut hadir untuk mengukuhkan 500 Prabu Jakarta dari 20 SMA/SMK sisanya.

Pada kesempatan itu, Sekda Joko menjelaskan, penting untuk menanamkan etika, tata krama, dan disiplin dalam segala hal sedini mungkin kepada generasi muda. Prabu Jakarta diharapkan dapat mendidik para anggotanya sebagai agen untuk membangun pemahaman ketenteraman, ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.

Satpol PP Perkenalkan Beragam Inovasi di Jakarta Innovation Days 2024

”Paling tidak untuk dirinya sendiri, mereka (Prabu Jakarta) sudah dididik dan dilatih. Harapannya bisa menularkan itu kepada yang lain. Kemudian para anggota Prabu juga akan turut serta menjaga ketertiban, minimal di sekolahnya, dan bisa di lingkungan sekitarnya. Harapannya bisa menjadi pemegang tongkat estafet generasi berikutnya, sehingga harus memiliki kecakapan dan disiplin yang baik, supaya cita-cita bangsa Indonesia tercapai,” jelas Sekda Joko, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Kamis (17/10).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menjelaskan, tahun ini merupakan tahun kedua pengukuhan Prabu Jakarta. Edukasi budaya tertib sejak dini melalui Prabu Jakarta di tingkat SMA/SMK merupakan bagian dari inovasi proyek perubahan ”Transformasi Penyelenggaraan Ketertiban Umum” menuju Jakarta kota global dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergitas.

“Mereka menjadi bagian agent of chage dan menjadi contoh-contoh baik, juga bagaimana mengajak rekan-rekan sekolah dan rekan-rekan di lingkungan tempat tinggal agar lebih disiplin terhadap aturan hukum di Jakarta,” ujar Arifin.

Ia menambahkan, pelajar yang dipilih menjadi Prabu Jakarta harus memiliki karakter dan disiplin yang baik. Diharapkan, anggota Prabu Jakarta dapat menjadi contoh yang baik untuk para pelajar lainnya.

“Sehingga (Prabu Jakarta) menjadi contoh dalam disiplin di lingkungan sekolah. Selain itu, mereka juga diharapkan mempunyai kemampuan dari sisi komunikasi yang efektif agar bisa mengajak teman-teman berbuat lebih baik,” sambung Arifin.

Pengukuhan Prabu tahun 2024 juga dimeriahkan dengan penyampaian materi motivasi dari Yudi Lesmana, praktisi di bidang daya ingat serta pendiri Indonesia Memory Sports Council, Afra Moedya Abadi yang merupakan peserta pada Clash Of Champion yang dibuat oleh Ruang Guru, Safira Azizah dari Ingatan Gajah, dan Dwi Rini Endra Sari dari BMKG.

Selain itu, diadakan pula short video competition yang merupakan lomba konten sosialisasi dengan tema ketenteraman dan ketertiban umum di lingkungan sekolah. Di samping itu, Battle of Prabu Jakarta yang merupakan kompetisi cerdas cermat untuk menguji pengetahuan dan kemampuan kognitif para Prabu Jakarta yang mencakup materi tentang ketenteraman dan ketertiban umum, sejarah Jakarta, Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah, dan pengetahuan umum lainnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3757 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1456 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1308 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1229 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1007 personAldi Geri Lumban Tobing