You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mesin di Rumah Pompa Kali Ancol Berfungsi dengan Baik
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Mesin di Rumah Pompa Kali Ancol Berfungsi dengan Baik

Dua rumah pompa di sepanjang Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara sangat vital untuk menangani genangan di sepanjang Jl R.E Martadinata dan Lodan Raya. Salah satunya, Stasiun Pompa Ancol.

Di pada Stasiun Pompa Ancol terdapat tiga mesin penyedot. Dua berkasitas 5.000 liter per detik dan satu lagi 2.500 liter per detik. Ketiganya saat ini dalam kondisi baik

Pantauan Beritajakarta.com, keberadaan rumah pompa yang memiliki tiga pompa merangkap jaring sampah milik Departemen PU tampak cukup terawat. Tiga mesin pompa dan jaring sampah berfungsi dengan baik. Namun, karena usianya sudah tua penutup pintu air tampak banyak yang berkarat.

M Idris (40), operator Stasiun Pompa Ancol mengatakan, Stasiun Pompa Ancol beroperasi sejak tahun 1995. Kondisi tiga mesin pompa penyedot air dan jaring sampah saat ini berfungsi dengan baik.

Pengadaan Genset Pompa Air di Bintaro Belum Terealisasi

Di pada Stasiun Pompa Ancol terdapat tiga mesin penyedot. Dua berkasitas 5.000 liter per detik dan satu lagi 2.500 liter per detik. Ketiganya saat ini dalam kondisi baik,” ujar Idris, Kamis (20/8).

Namun, kata Idris, meski tiga mesim pompa berfungsi dengan baik, saat ini dibutuhkan pengerukan Kali Ancol lantaran sedimen lumpur yang sudah meninggi.  

“Sekitar empat tahun lalu memang pernah dikeruk. Tapi pengerukan dilakukan kurang maksimal. Sebab, kalau dikeruk dapat menampung debit air yang lebih banyak mengingat wilayah seputar Ancol selama ini jadi langganan banjir setinggi satu meter lebih,” ungkap Idris.

Kondisi yang sama juga terjadi di Rumah Pompa Lodan Raya, Jalan Lodan Raya, Pademangan.

Dance (65), Operator Rumah Pompa tersebut mengatakan, saat ini tiga mesin pompa berkapasitas masing-masing 10.000 liter per detik berfungsi dengan baik.

“Sampai saat ini ketiga mesin pompa tersebut tidak ada yang rusak. Artinya siap untuk menangani banjir di Jalan Lodan Raya, R.E Martadinata dan seputar wilayah Ancol,”  ucap Dance.

Ditambahkan Dance, fungsi dari rumah pompa tersebut untuk menyedot air Kali Ancol saat tinggi untuk selanjutnya dibuang ke Kali Krapu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2671 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2488 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2359 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2357 personTiyo Surya Sakti
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2223 personTP Moan Simanjuntak