PPKUKM DKI Jajaki Ekspansi Pasar Produk Kreatif di Eropa
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI, menjajaki ekspansi pasar industrial kreatif pelaku UMKM Jakarta ke Eropa. Penjajakan ini dilakukan saat mereka melakukan kunjungan kerja ke Paris, Perancis, 19-21 Mei 2025.
"Memperkuat citra Jakarta sebagai kota industri kreatif dan kompetitif di tingkat internasional,"
Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung pelaku usaha lokal agar mampu bersaing secara global.
“Kami ingin memastikan produk kreatif Jakarta tidak hanya bertahan di pasar domestik, tetapi juga mampu tampil dan bersaing di pasar internasional," katanya, melalui rilis yang diterima redaksi Beritajakarta, Kamis (22/5).
Jakarta Bakal Tiru Paris dan Bangkok dalam Penanganan Polusi UdaraDijelaskannya, kunjungan kerja ini bertujuan membangun kolaborasi strategis dengan berbagai pemangku kepentingan di sektor industri kreatif internasional. Sekaligus menjadi bagian dari strategi Pemprov DKI Jakarta untuk mengangkat daya saing produk lokal di kancah global.
Dilanjutkannya, rangkaian agenda yang dimulai pada Senin (19/5), diawali dengan pertemuan bersama President of Paris Fashion Week (PFW), Pascal Morand.
Dalam pertemuan ini, jelas Ratu, pihaknya bersama pengurus pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Vira Marselina, menjajaki peluang partisipasi pelaku usaha binaan Jakarta dalam ajang fashion bergengsi dunia tersebut.
Kemudian dilanjut dengan pertemuan bersama Wakil Wali Kota Paris, Arnaud Ngatca. Pertemuan itu sebagai upaya mempererat hubungan antar kota serta mendorong kolaborasi dalam pengembangan industri kreatif perkotaan.
Lalu Selasa (20/5), Pemprov DKI Jakarta melakukan kunjungan studi tiru ke pusat perbelanjaan ikonik, Printemps, dan bertemu dengan Chief Partnership Officer, Emmanuel Suissa dan Director Partnership Arnaud Stahl. Kunjungan itu sebagai referensi untuk melakukan pengembangan Galeri Dekranasda di Jakarta.
Selanjutnya masih di hari yang sama, dilakukan pertemuan strategis dengan Director L’Adresse Paris Agency, Amal Sultan untuk mempersiapkan keikutsertaan produk-produk Jakarta pada pameran internasional yang akan digelar September 2025 mendatang.
Kemudian rangkaian kunjungan ditutup dengan agenda pertemuan bersama Director of the Ateliers de Paris City of Paris, Lauriane Duriez, Rabu (21/5).
Kegiatan ini sebagai upaya menjajaki kolaborasi kreatif dan pertukaran pengetahuan dengan pelaku industri kreatif Prancis, serta audiensi dengan KBRI Paris yang membahas peluang pasar dan diplomasi ekonomi produk-produk lokal Jakarta di Eropa.
"Paris menjadi titik strategis karena reputasinya sebagai pusat mode dan industri kreatif dunia. Diharapkan Jakarta tidak hanya memperluas jejaring bisnis global, tetapi juga
memperkuat citra sebagai kota industri kreatif dan kompetitif di tingkat internasional," tandasnya.