You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Cegah Parasit Darah, Hewan Kurban Diambil Sampel
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Antisipasi Parasit Darah Hewan Kurban

UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan, Teknologi Peternakan dan Pengujian Mutu Hasil Peternakan bersama dengan Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur melakukan pengambilan sampel pada hewan kurban di masing-masing kecamatan.

Diambil darahnya baik sapi maupun kambing, untuk mengetahui apakah hewan kurban mengandung parasit darah atau tidak

Untuk hari ini, pengambilan sampel dilakukan di dua kecamatan yakni, Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Makasar. Sementara kecamatan lain menyusul di hari berikutnya. Masing-masing tempat penampungan diambil dua ekor hewan kurban, baik sapi atau kambing.

"Untuk Kecamatan Duren Sawit ada lima penampungan di Jalan I Gusti Ngurah Rai ada dua penampungan, Jalan Raden Inten ada tiga penampungan. Yang diambil sampelnya sembilan sapi dan satu kambing. Sedangkan Kecamatan Makasar ada di Jalan Kerja Bakti ada lima penampungan hewan kurban, tujuh sampel sapi dan tiga sampel kambing," papar Faizah, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Senin (14/9).

Pemkab Awasi Kesehatan Hewan Kurban

Dikatakan Fauziah, sampel darah hewan kurban langsung dikirim ke UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan, Teknologi Peternakan, dan Pengujian Mutu Hasil Peternakan di Ragunan.

"Diambil darahnya baik sapi maupun kambing, untuk mengetahui apakah hewan kurban mengandung parasit darah atau tidak. Hasilnya akan terindetifikasi dalam dua hari," kata Fauziah.

Kegiatan ini, sambungnya, bertujuan untuk memastikan hewan kurban bebas parasit darah dan layak dikonsumsi dalam rangka menyambut Idul Adha.

"Intinya hewan yang masuk ke DKI hewan yang sehat, yang harus dilengkapi dengan adanya Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal dan diganti dengan SKKH DKI dan yang memenuhi syarat diberikan stiker pemeriksaan," tandas Fauziah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1201 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito