You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sampah
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Tambora Hasilkan Sampah 250 Ton Per Hari

Selama musim kemarau, volume sampah di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, setiap harinya mencapai 250 ton. Sampah tersebut umumnya berasal dari sampah rumah tangga dan sampah pasar.

Minimnya armada pengangkut sampah yang selama ini menjadi hambatan kami membersihkan sampah di Tambora

Camat Tambora, Mursidin mengeluhkan belum maksimal pengangkutan sampah di wilayahnya, lantaran minimnya armada pengangkut sampah. Tercatat hanya ada 24 truk sampah, delapan unit diantaranya milik Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat.

"Sedangkan 16 unit truk lainnya kita menyewa. Minimnya armada pengangkut sampah yang selama ini menjadi hambatan kami membersihkan sampah di Tambora," kata Mursidin, Senin (21/9).

144 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Kolong Tol Sedyatmo

Mursidin menuturkan, dari  250 ton sampah, paling banyak berasal dari lokasi tumpukan sampah di Kali Anyar, Jembatan Lima, Pejagalan, Jalan Hanura dan Tanah Sereal.

"Karena beberapa di antara wilayah itu adalah pasar, tapi perlahan kita mulai bisa membersihkan. Contohnya yang di Pasar Mitra, di sana sudah beres, semua sampah itu dibuang langsung ke Bantar Gebang," ujar Mursidin.

Terkait solusi agar sampah di Tambora tidak menumpuk, Mursidin mengatakan, program sosialisasi pemberdayaan sampah di lingkungan Tambora sudah digalakkan.

"Kita sosialisasikan bahwa sampah-sampah itu bisa diolah, misalnya jadi pupuk kompos," ujar Mursidin.

Sebelumnya Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI Jakarta mencatat, volume sampah di ibu kota  meningkat menjadi 6.700 ton per hari, dari awalnya hanya dibawah 6.000 ton per hari.

Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI, Ali Maulana Hakim mengatakan, sejak dikerahkannya petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta Pekerja Harian Lepas (PHL) kebersihan, ditambah adanya pelimpahan wewenang pembersihan kali dan saluran dari Dinas Pekerjaan Umum ke Dinas Kebersihan, volume sampah terus mengalami peningkatan.

"Saat ini rata-rata volume sampah yang dihasilkan per hari sekitar 6.700 ton. Hampir seluruhnya kami buang ke TPST Bantar Gebang," kata Ali.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito