You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Di Sawah Besar, Hati Sapi Mengandung Cacing Hati
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Hati Sapi Rusak Ditemukan di Sawah Besar

Pemeriksaan daging kurban di Masjid Al Hikmah, Jl Raya Sawah Besar, Jakarta Pusat, petugas menemukan satu ekor sapi yang hatinya terdapat cacing hati, Kamis (24/9). Kemudian pada organ paru sedikit berbusa. Petugas kemudian langsung memusnahkan kedua organ tubuh dari sapi yang baru saja disembelih untuk kurban. Pemusnahan dengan cara kedua organ dimasukkan ke dalam ember berisi cairan desinfektan.

Hanya satu sapi yang hatinya mengandung cacing hati dan parunya tidak sehat karena sedikit berbusa

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Mulyadi mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan pada satu ekor sapi yang baru disembelih, petugas menemukan bagian hatinya yang mengandung cacing hati. Berat hati tersebut kurang lebih 1,5-2 kilogram. Kemudian pada organ paru juga tidak sehat karena ternyata sedikit berbusa. Kedua jenis organ tesebut, setelah direndam di cairan desinfektan, langsung dikubur di halaman masjid. Hal ini guna mencegah agar tidak dikonsumsi warga.

Hati & Paru Tak Layak Konsumsi Ditemukan di Jaksel

"Hanya satu sapi yang hatinya mengandung cacing hati dan parunya tidak sehat karena sedikit berbusa. Namun langsung kita musnahkan dengan cara direndam di cairan desinfektan," ujar Mulyadi, saat melakukan pemeriksaan daging kurban di Masjid Al Hikmah.

Menurut Mulyadi, karena adanya temuan itu pula maka seluruh jeroan sapi tersebut dipisah. Mulai dari hati, paru, usus, limpa dan sebagainya. Seluruh jeroan ini kemudian diperiksa di laboratorium. Namun hingga saat ini belum diketahui hasil dari uji laboratorium tersebut. Sedangkan untuk daging, kondisinya bagus dan laik konsumsi.

Secara umum, pemeriksaan hewan dan daging kurban di sejumlah titik berjalan normal. Petugas tidak menemukan adanya penyakit berbahaya pada tubuh hewan kurban, seperti antraks maupun TBC. Pemeriksaan ini akan terus berlanjut di 142 titik hingga pada hari Minggu (27/9) mendatang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1021 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye949 personAldi Geri Lumban Tobing