You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jakpus akan Perketat Penjualan Daging Anjing
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Jakpus akan Perketat Penjualan Daging Anjing

Mengantisipasi penularan penyakit rabies melalui anjing, Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, kembali memperketat pengawasan di lapangan. Setidaknya lokasi-lokasi penjualan daging anjing akan didata dan diawasi. Dari sini akan ditelusuri juga tempat pemotongan dan daerah pemasoknya.

Jakarta sudah bebas rabies sejak lama

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Mulyadi mengatakan, berdasarkan data yang ada, saat ini terdapat 23 lapo penjual daging anjing dan dua kios agen daging anjing. Sejauh ini tidak ada tempat pemotongan anjing di wilayahnya. Sebab daging anjing yang dijual sudah dalam bentuk karkas.

Basuki Tak Pernah Legalkan Konsumsi Daging Anjing

“Jakarta sudah bebas rabies sejak lama. Namun untuk tetap mempertahankan sebagai daerah bebas rabies, kita terus lakukan pengawasan daging anjing maupun anjing hidup yang berkeliaran,” ujar Mulyadi, Rabu (30/9).

Pengawasan daging anjing maupun anjing hidup itu sendiri mengacu pada Perda Nomor 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. Dalam perda ini dibahas pula soal pemasukan dan pengeluaran hewan penular rabies.

Saat ini pihaknya baru meninjau tempat penjualan daging anjing di Pasar Senen. Di pasar ini terdapat dua kios atau agen yang setiap harinya menjual kurang lebih 45 ekor daging anjing dalam bentuk karkas. Setiap kilogram daging anjing dijual seharga Rp 45 ribu.

Disebutkan, di Jakarta Pusat terdapat 25 lokasi penjualan daging anjing. Lokasinya  masing-masing terdapat di Kecamatan Senen sebanyak 12 lokasi. Dua diantaranya adalah terdapat di Pasar Senen yang merupakan agen daging anjing. Kemudian Tanah Abang empat lokasi, Cempaka Putih tiga lokasi, Kemayoran dan Johar Baru masing-masing dua lokasi. Selain itu Menteng dan Sawah Besar masing-masing satu lokasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Antisipasi Banjir, Pemkot Jaktim Keruk 13 Waduk

    access_time16-09-2021 remove_red_eye1022 personNurito
  2. Dua Lokasi Wisata Ini Berlaku Ganjil Genap di Hari Jumat Sampai Minggu

    access_time17-09-2021 remove_red_eye838 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Dinas PPKUKM DKI Adakan Pelatihan Manajemen Koperasi Berbasis Syariah

    access_time17-09-2021 remove_red_eye823 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kebijakan Baru Vaksinasi COVID-19 di DKI, Moderna dan Pfizer Tersedia di Seluruh Faskes dan Sentra Vaksin

    access_time16-09-2021 remove_red_eye812 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Bagian Festival Kolaborasi Jakarta 2021

    access_time16-09-2021 remove_red_eye812 personAldi Geri Lumban Tobing